OKU Timur Gencarkan Sosialisasi SP4N-Lapor! Demi Pelayanan Publik Lebih Baik dan Efisien

Rabu 30-10-2024,11:14 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-Lapor!).

Kegiatan yang diadakan pada Selasa, 29 Oktober 2024, di Aula Bina Praja II Setda OKU Timur ini sekaligus menjadi ajang evaluasi untuk melihat sejauh mana efektivitas pengelolaan SP4N-Lapor! di OKU Timur.

Mengusung tema "Dengan Sosialisasi dan Evaluasi SP4N-Lapor!, Mari Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pengelolaan Pengaduan yang Efektif dan Efisien," acara ini dibuka langsung oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati OKU Timur, Prof. Dr. H. M. Edwar Juliartha, S.Sos., M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Edwar menekankan pentingnya "management complain" atau manajemen keluhan dalam memperbaiki pelayanan publik yang ada.

BACA JUGA:Elektabilitas Enos-Yudha Dominasi Pilkada OKU Timur 2024 Berdasarkan Survei Konsep Indonesia

BACA JUGA:Enos-Yudha Siap Lanjutkan Perubahan di OKU Timur, 4 Program Unggulan Menuju Jilid II yang Lebih Mulia

Menurutnya, keberadaan SP4N-Lapor! memungkinkan masyarakat untuk memberikan feedback terkait layanan yang mereka terima, yang kemudian menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan.

Dalam sambutannya, Prof. Edwar menyatakan bahwa feedback dari masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan (trust) dan harapan (hope) terhadap pemerintah.

“Hope dan trust harus seimbang, semua harus tinggi. Dengan begitu, pekerjaan yang kita lakukan akan lebih mudah," ujar Prof. Edwar.

Ia juga menggarisbawahi bahwa masyarakat seharusnya diberikan ruang yang luas untuk menyampaikan kritik atau saran mengenai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

BACA JUGA:Pjs Bupati OKU Timur Prof Edwar Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Serukan Persatuan Demi Indonesia Maju

BACA JUGA: Oknum Kades di OKU Timur Tusuk Marbot Masjid dengan Pisau Berkali-kali, Polisi Buru Pelaku

Hal ini, menurutnya, tidak hanya akan meningkatkan kualitas layanan publik, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih kondusif untuk pembangunan yang partisipatif.

Lebih lanjut, Prof. Edwar menegaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan layanan publik adalah hak yang harus dijamin. Dengan keterlibatan masyarakat melalui SP4N-Lapor!, diharapkan masyarakat dapat lebih aktif dalam memberikan masukan dan berpartisipasi dalam pengawasan layanan yang mereka terima.

"Diharapkan dapat memberikan kepastian dan jaminan bagi setiap masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pelayanan publik," lanjutnya.

Kategori :