Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Razia Kamar Hunian untuk Tingkatkan Keamanan

Sabtu 19-10-2024,17:44 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

MUARA BELITI, SUMEKS.CO - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti baru-baru ini melaksanakan pemeriksaan atau razia kamar hunian secara berkala.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan keamanan dan melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi di lingkungan lapas.

Dengan semakin kompleksnya tantangan keamanan di dalam lapas, kegiatan ini dianggap sangat penting untuk menciptakan suasana yang aman dan tertib.

Razia yang dilakukan di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti ini dilakukan secara menyeluruh di semua blok hunian secara acak.

BACA JUGA:Kreativitas di Balik Jeruji, Warga Binaan Lapas Muara Beliti Ubah Sampah Jadi Seni

BACA JUGA:Membangun Keamanan dan Kenyamanan, Strategi Lapas Muara Beliti melalui Wali Pemasyarakatan

Fokus utama dari pemeriksaan ini adalah penggeledahan barang-barang terlarang yang berpotensi membahayakan keamanan, seperti senjata tajam, narkotika, serta barang-barang elektronik yang dilarang.

Dalam pelaksanaannya, pemeriksaan melibatkan petugas Satuan Operasional Kepatuhan Internal dan keamanan Lapas Narkotika Muara Beliti, termasuk Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka KPLP), Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Kamtib), serta jajaran anggota jaga lainnya.

Abdul Rafik, selaku Ka KPLP, menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan ini juga sejalan dengan instruksi dari Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas).

Ia menekankan pentingnya pelaksanaan deteksi dini terhadap potensi gangguan yang dapat mengganggu ketertiban di dalam lapas.

BACA JUGA:Kesehatan Warga Binaan Terjamin, Lapas Muara Beliti Bagikan Perlengkapan Mandi

BACA JUGA:Jaga Kebugaran dan Kekompakan, Kalapas Muara Beliti Ajak Petugas Rutin Main Tenis

"Dengan pemeriksaan berkala ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya pelanggaran dan menciptakan lingkungan lapas yang lebih kondusif," ujar Rafik.

Lebih lanjut, kegiatan razia tidak hanya terfokus pada pemeriksaan fisik kamar hunian. Petugas juga memberikan penyuluhan kepada warga binaan mengenai pentingnya menjaga ketertiban dan bekerja sama dalam menciptakan suasana yang aman di dalam lapas.

Dengan cara ini, diharapkan warga binaan dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti.

Kategori :