Kanwil Kemenkumham Sumsel Dukung Reformasi Birokrasi untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik dan Antikorupsi

Senin 23-09-2024,16:32 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

DEPOK, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kemenkumham Sumsel) terus memperlihatkan komitmennya dalam mendukung upaya reformasi birokrasi.

Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memperkuat gerakan antikorupsi di semua unit kerjanya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Reformasi Birokrasi Triwulan III (B09) yang berlangsung pada 21 September 2024 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, Depok.

Dalam sambutannya, Ilham menegaskan bahwa penerapan reformasi birokrasi di setiap unit kerja pemerintah, khususnya dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), adalah langkah strategis dalam menciptakan pemerintahan yang lebih bersih dan efektif.

BACA JUGA:OPPO A3 2024: Ponsel dengan Ketahanan Tingkat Militer dan Baterai 5100mAh

BACA JUGA:Ini Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati OKI, JADI 1 dan MURI 2

“Penerapan Zona Integritas merupakan miniatur dari pelaksanaan reformasi birokrasi. Ini menjadi acuan bagi kita semua dalam menciptakan unit kerja pemerintah yang bersih, efektif, dan antikorupsi,” ungkap Ilham.

Ia juga menambahkan bahwa melalui penerapan tersebut, diharapkan berbagai aspek reformasi birokrasi akan terfokus sehingga tercipta budaya kerja yang efisien dan berintegritas.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan RKT Reformasi Birokrasi (RKT-RB) Triwulan III ini dihadiri oleh 11 Unit Eselon I dan 33 Kantor Wilayah Kemenkumham dari seluruh Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama dua minggu, dari tanggal 9 hingga 21 September 2024, bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pencapaian reformasi birokrasi yang telah dilakukan oleh seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

BACA JUGA:Nomor Urut Calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang Resmi Ditetapkan, Ini Daftarnya

BACA JUGA:Penyidikan Korupsi Jual Aset Yayasan Batanghari Sembilan Mayor Ruslan, Sekda Kota Palembang Diperiksa Kejati

Dalam kegiatan ini, Kanwil Kemenkumham Sumsel menunjukkan konsistensinya dengan pencapaian yang membanggakan. Sejak periode B03, B06, hingga B09, Kanwil Kemenkumham Sumsel berhasil mencapai target dengan data dukung RKT-RB yang lengkap dan akurat, mencapai 100%.

Keberhasilan ini mencerminkan komitmen pimpinan serta soliditas koordinasi dan komunikasi di antara seluruh satuan kerja di wilayah tersebut.

“Kami di Kanwil Kemenkumham Sumsel terus mendorong satuan kerja Pemasyarakatan dan Imigrasi untuk memenuhi data dukung dengan lengkap, berkualitas, dan akuntabel. Ini adalah bagian dari tanggung jawab kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Setiap laporan yang kami sampaikan merupakan cerminan dari kinerja kami sehari-hari,” jelas Ilham.

Kategori :