Jelang Lengser Jokowi Lantik Mensos Syaifullah Yusuf dan Kepala BNPT Eddy Hartono, Begini Sosok Keduanya

Rabu 11-09-2024,16:55 WIB
Reporter : Indra MH
Editor : Rkhmat MH

Upacara pelantikan di Istana Negara diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Dalam sumpahnya, para pejabat yang dilantik berikrar untuk setia kepada Undang-Undang Dasar 1945 dan akan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

 "Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan yang kemudian diucapkan oleh Syaifullah Yusuf dan Eddy Hartono.

Setelah prosesi pengambilan sumpah selesai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada kedua pejabat yang baru dilantik. 

BACA JUGA:Penguatan Kampus Kebangsaan: Inisiatif BNPT Ciptakan Kampus Tangguh Terhadap Radikalisme dan Terorisme

BACA JUGA:Begini Strategi BNPT dan FKPT Sumsel Jadikan Eks Napiter Kembali Sebagai WNI yang Baik

Ucapan selamat ini kemudian diikuti oleh para tamu undangan yang hadir, termasuk sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Eddy Hartono: Kepala BNPT yang Baru

Selain Syaifullah Yusuf, Presiden Jokowi juga melantik Komjen. Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 124/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan BNPT.

Eddy Hartono merupakan perwira tinggi Polri yang telah memiliki rekam jejak panjang di bidang penegakan hukum, khususnya dalam penanganan terorisme.

Sebelum menduduki posisi ini, Eddy pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Densus 88/Antiteror Polri, serta memiliki pengalaman dalam berbagai jabatan strategis di lingkungan BNPT. 

Dalam pernyataannya usai pelantikan, Eddy menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi atas kepercayaan yang diberikan. 

"Saya akan berupaya untuk melaksanakan amanah ini sebaik mungkin. BNPT akan terus berperan sebagai koordinator untuk menyinergikan berbagai kementerian dan lembaga dalam pencegahan dan penanggulangan terorisme," ungkapnya.

Tantangan Baru di Bidang Sosial dan Keamanan Nasional

Pelantikan Syaifullah Yusuf dan Eddy Hartono menandai awal dari babak baru di sektor sosial dan keamanan nasional. 

Kategori :