Jelang Lengser Jokowi Lantik Mensos Syaifullah Yusuf dan Kepala BNPT Eddy Hartono, Begini Sosok Keduanya

Rabu 11-09-2024,16:55 WIB
Reporter : Indra MH
Editor : Rkhmat MH

Jelang Lengser Jokowi Lantik Mensos Syaifullah Yusuf dan Kepala BNPT Eddy Hartono, Begini Sosok Keduanya

sumeks.co- Pada Rabu,  Istana Negara Jakarta menjadi saksi dari momen bersejarah ketika Presiden Joko Widodo secara resmi melantik dua pejabat tinggi dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

 Syaifullah Yusuf dilantik sebagai Menteri Sosial, menggantikan pejabat sebelumnya yang telah menyelesaikan masa tugasnya. 

Selain itu, Komjen. Pol. Eddy Hartono juga diangkat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), sebuah posisi strategis di tengah tantangan keamanan nasional yang kian kompleks.

sosok Syaifullah Yusuf,  Menteri Sosial yang Baru

Syaifullah Yusuf, yang akrab disapa Gus Ipul, telah dikenal lama sebagai sosok yang memiliki pengalaman luas dalam dunia politik dan pemerintahan. 

Ia dilantik berlandaskan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 102/P Tahun 2024, dengan mandat untuk mengisi posisi Menteri Sosial hingga akhir masa jabatan kabinet pada tahun 2024.

BACA JUGA:Peluang dan Jatah Terbesar, 40.839 Formasi CASN 2024 Kemensos Disetujui Menteri PANRB

BACA JUGA:Mensos Tri Rismaharini Tinjau Operasi Katarak Gratis di RSMH Palembang, Pencegahan Kebutaan Jadi Prioritas

Gus Ipul bukanlah wajah baru di kancah pemerintahan.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan sejak tahun 2021 dan pernah menduduki posisi sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode, dari 2009 hingga 2019.

 Pengalamannya yang panjang di birokrasi, ditambah dengan perannya sebagai mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal di era pemerintahan sebelumnya, menempatkannya sebagai pilihan tepat untuk menakhodai Kementerian Sosial dalam sisa masa jabatan Kabinet Indonesia Maju.

Dalam pernyataannya usai pelantikan, Gus Ipul mengungkapkan komitmennya untuk terus bekerja keras, sesuai dengan arahan yang diberikan Presiden Jokowi. 

"Ini adalah amanah besar yang harus saya jalankan dengan sebaik-baiknya. Konsolidasi akan terus kami lakukan, dan saya akan fokus pada upaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat," ungkapnya kepada awak media.

Sumpah Jabatan: Janji untuk Bangsa dan Negara

Kategori :