BI OKI Luncurkan Merek Beras Sendiri, Wujudkan OKI Sebagai Lumbung Pangan Utama Sumsel

Rabu 28-08-2024,17:47 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas termasuk juga sumber daya alamnya. Dimana Kabupaten OKI juga merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar di Sumatra Selatan dan Indonesia. 

Adanya potensi itu maka dilirik oleh Bank Indonesia untuk mengembangkan beras hasil panen para petani di OKI itu dengan merek dagang sendiri.

Menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bende Seguguk, BI akan meningkatkan kapasitas usaha penggilingan padi (rice milling unit) di Desa Sungai Belida Kecamatan Lempuing Jaya OKI.

"Melihat potensi wilayah ini maka BI akan mengambil peran untuk meningkatkan kapasitas sektor hilir pertanian di Ogan Komering Ilir," kata Muhamad Ardian Dwinanto, Kepala Tim Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah Bank Indonesia Perwakilan Sumsel.

BACA JUGA:Pangdam II/Sriwijaya Ikut Panen Raya Padi di Desa Cahaya Maju OKI, Sukseskan Swasembada Pangan

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Terima Penghargaan Bapanas Award dari Badan Pangan Nasional

Dimana untuk rantai pasok bahan pangan terutama beras akan sangat berpengaruh terhadap inflasi.

"Dari gabah petani kemudian diolah menjadi beras butuh RMU yang memiliki kapasitas besar, beras yang nantinya akan menjadi ikon kebanggaan produk pangan Kabupaten OKI," jelasnya. 

Sementara itu Pj Bupati OKI melalui Asisten Bidang Ekubang, H M Lubis menyambut baik peningkatan kapasitas RMU di Desa Sungai Belida Lempuing Jaya itu untuk mengoptimalkan sektor hilir pertanian di Ogan Komering Ilir.

"Jadi skemanya nanti akan melibatkan perusahaan daerah dalam pengembangan usahanya. Apalagi RMU disini sudah memiliki rantai pasok baik bahan baku maupun pasarnya," terang Lubis, Rabu 28 Agustus 2024.

BACA JUGA:Ribuan Siswa SD di Kabupaten OKI Sambut Antusias Program Genius 2024 dengan Makanan Bergizi Gratis

BACA JUGA:Anak Sekolah di Kabupaten OKI Dapatkan Pembekalan Pola Makan Sehat

PD Bende Seguguk tambah Lubis saat ini sudah merancang branding dan kemasan beras hasil petani OKI itu.

"Iya sedang dirancang oleh PD bende seguguk bersama Diskominfo terkait brandingnya. Untuk kemasan akan menyasar masyarakat menengah ke bawah agar lebih terjangkau dan bagian upaya pengentasan kemiskinan," tukasnya. (*) 

 

Kategori :