Dampak Megathrust, Siap-Siap Diprediksi Tsunami Besar Bakal Melanda Sebagian Wilayah Jawa dan Sumatera

Senin 19-08-2024,15:25 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

Peristiwa bencana alam Megathrust kemungkinan besar menimbulkan bahaya gempa bumi dan tsunami besar bagi masyarakat sekitar zona Megathrust.

Menurut penelitian tersebut, prediksi terjadinya ketinggian tsunami saat guncangan gempa Megathrust akan melambung tinggi maksimal hingga 34 meter.

BACA JUGA:Ulama Sepakat, Hadist Rasulullah Buktikan Gempa Megathrust Jadi Tanda Kiamat, Bumi Terbelah Muncul Huru-Hara!

BACA JUGA:Ulama Sepakat, Hadist Rasulullah Buktikan Gempa Megathrust Jadi Tanda Kiamat, Bumi Terbelah Muncul Huru-Hara!

Ketinggian ombak itu diperkirakan terjadi di pesisir pantai bagian paling barat dari Sumatera dan di  pantai bagian selatan Pulau Jawa yang dekat dengan Ujung Kulon Peninsula (Supendi, dkk, 2023).

Prediksi tersebut terbentuk karena salah satunya terdapat survei lapangan yang telah diamati ketika melakukan observasi ulang ketinggian tsunami pada gempa bumi Sumatera pada 2004 silam.


--

Gempa bumi yang terjadi di Sumatera pada saat itu berkekuatan magnitudo 9,1 dengan ketinggian ombak tsunami 20-30 meter di Sumatra bagian utara.

Oleh karenanya, di gempa Megathrust ini tidak menutup kemungkinan ketinggian ombak tsunami di pesisir Sumatra bisa mencapai lebih dari 30 meter.

BACA JUGA:Ini 7 Fakta Mencengangkan Ancaman Megathrust yang Diprediksi Bakal Terjadi di Indonesia

BACA JUGA:Ini 7 Fakta Mencengangkan Ancaman Megathrust yang Diprediksi Bakal Terjadi di Indonesia

Sementara, dari informasi lainnya pihak BMKG mengimbau, jika Anda berada di dalam bangunan saat gempa, tak perlu panik. Cukup lakukan hal ini untuk menghindari celaka.

Pertama, lindungi kepala dan badan. Berlindunglah di bawah meja atau tempat yang kokoh untuk melindungi diri dari reruntuhan.

Jika tidak ada meja, lindungi kepala dan leher dengan bantal, tas, atau benda lain yang tersedia.

Kedua, jauhi jendela dan benda berat. Hindari berada di dekat jendela, kaca, atau benda berat yang bisa jatuh dan menyebabkan cedera.

BACA JUGA:Gempa Megathrust Indonesia Bakal Jadi Bencana Paling Menakutkan, Kekuatan Capai 9,2 Magnitudo?

Kategori :