GAWAT! WHO Umumkan Status Cacar Mpox Sudah Mewabah, Indonesia Waspada?

Kamis 15-08-2024,11:07 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

Wabah di Kongo dimulai dengan penyebaran varian endemik, yang dikenal sebagai klade I. 

Namun, varian baru klade Ib, tampaknya menyebar lebih mudah melalui kontak dekat rutin, termasuk hubungan seksual.

BACA JUGA:Waspada, Meski Belum Ditemui di Indonesia, Kenali Gejala Cacar Monyet

BACA JUGA:Hayo, Pakar Soroti Dugaan Keterkaitan Cacar Monyet dengan Aktivitas Gay dan Biseksual


--

Virus ini telah menyebar dari Kongo ke negara-negara tetangga, termasuk Burundi, Kenya, Rwanda, dan Uganda, yang memicu tindakan dari WHO.

Tedros mengatakan pada hari Rabu bahwa WHO telah mengeluarkan dana darurat sebesar US$1,5 juta dan berencana untuk mengeluarkan lebih banyak lagi dalam beberapa hari mendatang. 

Rencana respons WHO akan membutuhkan dana awal sebesar US$15 juta, dan badan tersebut berencana untuk meminta bantuan dana dari para donor.

Awal minggu ini, badan kesehatan masyarakat tertinggi di Afrika mengumumkan keadaan darurat cacar monyet untuk benua tersebut setelah memperingatkan bahwa infeksi virus tersebut menyebar pada tingkat yang mengkhawatirkan, dengan lebih dari 17.000 kasus yang diduga dan lebih dari 500 kematian tahun ini, terutama di kalangan anak-anak di Kongo.

BACA JUGA:Hayo, Pakar Soroti Dugaan Keterkaitan Cacar Monyet dengan Aktivitas Gay dan Biseksual

BACA JUGA:Cacar Monyet Serang Gay dan Biseks, Netizen: Salah Besar, Monyet Tak Ada yang Homoseksual

Sementara itu, Profesor Dimie Ogoina, ketua komite darurat cacar monyet WHO mengatakan, semua anggota dengan suara bulat setuju bahwa lonjakan kasus saat ini merupakan peristiwa luar biasa dengan jumlah kasus yang mencapai rekor di Kongo.

Vaksin dan perubahan perilaku membantu menghentikan penyebaran ketika jenis cacar monyet yang berbeda menyebar secara global, terutama di kalangan pria yang berhubungan seks dengan pria, dan WHO mengumumkan keadaan darurat pada tahun 2022.

Masih dari informasinya, Cacar monyet atau mpox adalah penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox, jenis virus yang masuk ke dalam genus orthopoxvirus. 

Cacar monyet umumnya ditemukan pada hewan monyet, tikus hingga tupai.

BACA JUGA:Cacar Monyet Serang Gay dan Biseks, Netizen: Salah Besar, Monyet Tak Ada yang Homoseksual

Kategori :