GAWAT! WHO Umumkan Status Cacar Mpox Sudah Mewabah, Indonesia Waspada?

Kamis 15-08-2024,11:07 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gawat! Untuk kedua kalinya Organisasi kesehatan dunia WHO resmi menyatakan status darurat kesehatan terhadap penyebaran penyakit infeksi cacar monyet atau Mpox bagi masyarakat global.

Dilansir dari laman Berita Satu, Kamis 15 Agustus 2024 status darurat kesehatan terhadap penyebaran cacar monyet tersebut menyusul adanya temuan wabah cacar monyet di Republik Democratic Congo.

Bahkan, pengumuman status darurat kesehatan infeksi cacar monyet tersebut untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir.

Ditambah, temuan adanya dampak kesehatan bagi yang terinfeksi penyakit cacar monyet tersebut telah menyebar ke negara-negara tetangga dari Republik Democratic Congo.

BACA JUGA:Waspada! Cacar Monyet Cepat Menular Lewat Aktivitas Seksual, Simak Penjelasan Dinkes Palembang

BACA JUGA: Dinkes Palembang Waspadai Penyebaran Cacar Monyet, Begini Antisipasinya

Upaya dilakukan oleh pihak komite darurat kesehatan yang sebelumnya telah memberitahu Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Pertemuan tersebut membahas tentang apakah wadah penyakit cacar monyet merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian masyarakat Internasional atau dikenal dengan status PHEIC.


--

Diketahui status PHEIC sendiri, merupakan peningkatan status kewaspadaan tertinggi organisasi kesehatan dunia (WHO) yang bertujuan untuk mempercepat penelitian, hingga tindakan kesehatan masyarakat internasional untuk mengatasi suatu penyakit.

Dikatakan Tedros, bahwa jelas respon internasional yang terkoordinasi sangat penting untuk menghentikan wabah ini (cacar monyet) dan menyelamatkan nyawa.

BACA JUGA:ASTAGHFIRULLAH! Gejalanya Mirip Cacar Monyet, Wabah Flu Tomat Serang Ratusan Anak di India

BACA JUGA:Cacar Monyet Menjangkit LGBT, Tapi Dampaknya Bisa Kena Orang Banyak

Masih dalam informasinya, wabah cacar monyet menyebar melalui kontak dekat satu sama lain dan biasanya disertai dengan gejala ringan namun bisa berakibat fatal pada sejumlah kasus.

Penyakit cacar monyet dapat menyebabkan gejala seperti Flu hingga lesi berisi nanah pada tubuh yang terinfeksi.

Kategori :