Kehilangan Bola Mata? Dapatkan Kembali Penampilan Alami dengan Protesa Mata

Sabtu 10-08-2024,19:40 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Bagi pasien yang ingin menggunakan bola mata tiruan berbeda dengan koreksi lasik yang mana pemasangan lensanya perlu bantuan dokter dan dilakukan di Rumah Sakit atau Klinik. 

BACA JUGA:Smartphone Vivo V30 5G, Layar Lebih Lebar dan Kualitas Gambar Sangat Memanjakan Mata!

BACA JUGA:Ditinggal ke Luar Kota, Warung Manisan di Plaju Palembang Ludes Dilalap Si Jago Merah

Dimana untuk pemasangan mata palsu bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa bantuan dokter mata. Namun perlu diperhatikan dulu akan ada proses implan bola mata di awal proses pembuatan bola mata palsu. 

Setelah implan dan membuat bola mata palsu, barulah nanti bola mata tersebut bisa dipasang sendiri di rumah. Untuk cara pemasangan bola mata palsu adalah sebagai berikut: 

Langkah paling awal, pastikan kondisi tangan dalam keadaan bersih atau steril. Cuci bersih dulu tangan sebelum menyentuh bola mata palsu. 

Selain tangan, pastikan juga bola mata palsu dalam kondisi bersih dengan cara mencucinya menggunakan air hangat dan sabun yang khusus untuk bola mata palsu. 

BACA JUGA:Inilah Alasan SD di IKN Cukup dengan 5 Mata Pelajaran

BACA JUGA:Makan 6 Macam Obat dari Oknum Bidan, Bola Mata Bocah SMP di Palembang Nyaris Lepas, Korban Malapraktik?

Keringkan terlebih dulu mata palsu yang telah dibersihkan tersebut. 

Ambil bola mata palsu menggunakan jari tengah dan ibu jari. Di lain sisi gunakan tangan lainnya untuk mengangkat kelopak mata agar bola mata lebih mudah dipasang. 

Masukkan perlahan bagian atas mata palsu ke bagian kelopak mata atas hingga mata palsu sepenuhnya masuk ke dalam mata. 

Secara mendasar, cara pasang mata palsu ini hampir sama dengan cara pasang lensa kontak. Namun Protesa objeknya lebih lebar dari lensa kontak.

BACA JUGA:Akhirnya! MataHati Terima SK Rekomendasi DPP Partai Gerindra di Pilgub Sumsel 2024

BACA JUGA:Porcam III dan Forcam I Kormi Tingkat Kecamatan Payaraman Ogan Ilir Resmi Digelar, Ratusan Atlet Siap Bersaing

Sebagaimana merawat mata kita yang masih sehat dan normal bola mata palsu juga perlu dirawat dengan baik agar tetap bisa digunakan. 

Kategori :