PKD Talang Ubi Diminta Beraksi: Bawaslu PALI Tingkatkan Pengawasan di Setiap Tahapan Pilkada 2024

Selasa 16-07-2024,15:53 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALI, SUMEKS.CO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menekankan kepada seluruh Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) untuk pro aktif mengawasi setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati PALI. 

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu PALI Lestrianti saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas pengawasan terhadap PKD Kecamatan Talang Ubi pada Selasa 16 Juli 2024 di salah satu hotel di wilayah Talang Ubi.

Bimtek tersebut untuk memperkuat kapasitas dan kualitas Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) dalam menyongsong perhelatan Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

"Kepada seluruh PKD terutama yang ada di Kecamatan Talang Ubi, untuk benar-benar mengawasi dan memastikan tahapan serta proses pendataan masyarakat diwilayah kerja masing-masing," ungkap Ketua Bawaslu PALI. 

BACA JUGA:Siaga Penuh Panwascam PALI: Pengawasan Ekstra untuk Pilkada Serentak yang Sukses

BACA JUGA:Rakernis Strategis: Bawaslu PALI Tingkatkan Kesiapan Pengawasan Jelang Pilkada Serentak

Sebab menurut Lestrianti, bahwa Sebagai pengawas, dalam proses pendataan tersebut PKD harus memastikan bahwa hak seorang warga negara yang dapat memilih, benar-benar terdata dan masuk dalam proses Coklit.


Ketua Bawaslu PALI Lestrianti saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas pengawasan terhadap PKD Kecamatan Talang Ubi pada Selasa 16 Juli 2024 di salah satu hotel di wilayah Talang Ubi.--

"Jangan sampai kita menhilangkan hak orang untuk memilih," imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengingatkan pada PKD yang ada di kecamatan Talang Ubi, dengan penguatan kapasitas, pengawas di tingkat kelurahan/desa diharapkan lebih proaktif dalam mencegah pelanggaran pemilu, terutama pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 ini.

"Bawaslu menekankan pentingnya sinergi dan kerjasama antara pengawas pemilu di semua tingkatan. Kegiatan ini menjadi ajang untuk membangun koordinasi yang lebih baik antara PKD dengan Panwaslu kecamatan, dan PPS. Diharapkan pengawas yang lebih kompeten dan profesional dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses pemilu, memastikan pemilu berjalan dengan jujur dan adil," pesannya.

BACA JUGA:Peluncuran Posko Kawal Hak Pilih oleh Bawaslu PALI dalam Pilkada 2024

BACA JUGA:Tunggu Penumpang di Kawasan Monpera Palembang, Kepala Sopir Angkot Dibenturkan Pemalak hingga Pecah

Selain itu, kedepannya Bawaslu juga mendorong penggunaan teknologi dan informasi dalam proses pengawasan.


Bimtek tersebut untuk memperkuat kapasitas dan kualitas Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) dalam menyongsong perhelatan Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.--

Kategori :