Kakanwil Kemenkumham Babel Paparkan Implementasi Reformasi Birokrasi kepada Tim Inspektorat Jenderal

Kamis 25-07-2024,13:46 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

Disampaikan Harun, Kanwil Kemenkumham Babel memiliki berbagai inovasi dalam pelayanan publik, baik yang bersifat langsung maupun online.

BACA JUGA:Kasus Mega Korupsi IUP Batu Bara Rp555 Miliar, Kuasa Hukum Minta Kejati Usut Sampai ke Hilirnya

BACA JUGA:Sudah Benar Petugas Damkar Depok Viralkan ‘Peralatan Tempur’ Pemadam Rusak, Kalau Nggak Ya Rusak Aja Terus!

Inovasi yang bersifat langsung tersebut antara lain Imigrasi Corner. Imigrasi Corner merupakan sebuah inovasi mendekatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat melalui kolaborasi Kemenkumham Babel dan Pemerintah Kabupaten sebagai agen literasi keimigrasian, juga melibatkan peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi sehingga membantu petugas imigrasi mendata WNA yang berada dan berkegiatan di wilayahnya.

Selain itu, inovasi PETASAN (Penyuluh Hukum Turun ke Lapas dan Rutan), BEKUMPUL (Belajar Hukum bersama Penyuluh) dan PIJAR (Penyuluh Edukasi Pelajar).

Sementara inovasi secara online, adalah PORSIBEL (Portal Informasi Kanwil Kemenkumham Babel) yang mewadahi berbagai layanan online pada Kanwil Kemenkumham Babel meliputi menu Konsultasi Hukum Online, Konsultasi Kekayaan Intelektual, Pelayanan Notaris, dan Pelayanan Produk Hukum Daerah. Inovasi online lainnya yaitu CCTV yang mengintegrasikan CCTV Lapas dan Rutan se-Bangka Belitung.

Untuk peningkatan kompetensi pegawai, setiap hari Selasa hingga Kamis ada kegiatan NGOPI HANGAT (Ngobrol Pagi Hal-hal yang Bermanfaat) yang berisi paparan capaian kinerja mingguan dan isu terkini terkait tugas dan fungsi Kemenkumham.

BACA JUGA:Eksplorasi Strategi dalam Mobile Legends, Mengungkap 6 Hero Counter Terbaik untuk Melawan Aamon

BACA JUGA:Jemaah Haji Asal Palembang yang Sempat Dirawat di Arab Saudi Akhirnya Wafat, 1 Lagi Dipulangkan ke Babel

Menanggapi pemaparan, Pengendali Teknis dari Tim Inspektorat Jenderal, Harry Lesmana, mengapresiasi capaian kinerja Kanwil Kemenkumham Babel.

Ia berharap adanya konsistensi dalam internalisasi dan monitoring secara berkala kepada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakaratan dan Imigrasi.

Selain itu terus lakukan publikasi atas kinerja positif, perhatikan kecepatan dan ketepatan layanan serta prioritaskan setiap pengaduan sehingga kepuasan masyarakatan terjaga.

Hadir dalam kegiatan Kepala Divisi Administrasi, Dwi Harnanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kunrat Kasmiri, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman, Kepala Bagian Umum, N.A Triandini Oscar, Kepala Bagian Program dan Humas, Sugeng Krisdwiyanto, Kepala Bidang Intelijen dan Keimigrasian, Edy Firyan beserta para tim pokja WBK/WBBK.

Hadir juga dalam kegiatan Tim Evaluator dari Inspektorat Jenderal, Dwi Sumaworto, Wahyu Ramanda dan Abdul Rokhman.

Kategori :