Hadapi Musim Kemarau di Sungai Menang OKI, Tim Gabungan Mulai Lakukan Patroli dan Mitigasi Karhutla

Kamis 25-07-2024,16:12 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Hadapi musim kemarau dan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) khususnya di Kecamatan Sungai Menang, telah dibuat buat posko Karhutla. 

Dimana terdapat sejumlah posko karhutla guna mengantisipasi terjadinya karhutla di musim kemarau. Termasuk juga melaksanakan patroli dan pengecekan embung atau kanal-kanal. 

"Hari ini telah dimulai patroli dan mitigasi Karhutla di Kecamatan Sungai Menang. Dilaksanakan tim gabungan yaitu TNI, Polri dan juga pihak kecamatan termasuk masyarakat," terang Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk melalui Kapolsek Sungai Menang, Ipda A Andrian Manaji SH.

Diungkapkan Kapolsek, sejumlah embung atau kanal-kanal yang merupakan milik perusahaan langsung di cek saat patroli gabungan tadi. Dimana Camat Sungai Menang, Hj Eka Mardia ST MM pun ikut langsung mengecek. 

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Patroli Karhutla, Bagikan Bansos 150 Paket Sembako

BACA JUGA:Siap Siaga Hadapi Karhutla, Bupati Ogan Ilir Pimpin Apel Pasukan dan Peralatan Kesiapsiagaan Bencana Asap

"Tadi juga mengecek sejumlah posko terpadu karhutla. Seperti ada di Desa Talang Jaya dan Desa Sido Mulyo," jelasnya, Kamis, 25 Juli 2024.

Selain patroli, sambung Kapolsek, juga melakukan pengecekan sejumlah peralatan Damkar milik perusahaan PT Lonsum. Ini dilakukan guna mengetahui kesiapan dari pihak perusahaan dalam menghadapi karhutla pada musim kemarau ini. 

"Pelaksanaan patroli gabungan ini adalah bentuk sinergitas Tripika Sungai Menang dalam penanggulangan bencana Karhutla," tegas Kapolsek. 

Sementara itu di tempat terpisah, di wilayah Kecamatan Cengal juga dilaksanakan gelar pasukan dan pengecekan peralatan yang digunakan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla oleh perusahaan. 

BACA JUGA:Malu Sudah Tua, Pelaku Karhutla di Lubuklinggau Nekat Ingin Gantung Diri, Polisi Sudah Tahan 6 Tersangka

BACA JUGA:Polda Sumsel Miliki APD hingga Perlengkapan Canggih dengan Kekuatan Besar untuk Padamkan Api Karhutla

Kegiatan gelar pasukan dari pihak perusahaan dan pengecekan peralatan itu dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI, Kamis 25 Juli 2024.

Pada kegiatan, hadir Camat Cengal, H Musa SH, Kapolsek Cengal, Iptu Jamal SH. Serta Danramil Tulung Selapan, Kapten Inf, Ade Webysana. 

"Tadi dilaksanakan gelar pasukan menghadapi karhutla baik dari pihak perusahaan maupun masyarakat peduli api. Serta personel TNI dan Polri," jelas Danramil, Kapten Inf, Ade. 

Kategori :