Benarkah Subsidi Elpiji 3 kg Bakal Diganti Bentuk Uang Tunai? Ini Faktanya!

Minggu 21-07-2024,08:44 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Kemudian, bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank, bantuan ini akan disalurkan melalui PTP Indonesia maupun kantor kelurahan/desa.

BACA JUGA:Gas Elpiji 3 Kg Makin Langka? Disdag OKI Surati Pertamina Minta Tambah Kuota 20 Persen

BACA JUGA:Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg di OKI, Disperindag Surati Pertamina

Terkait pencairan bantuan dalam bentuk tunai bagi pengguna gas elpiji 3 kg, untuk proses pencairan BLT ini diperkirakan akan dimulai pada Januari 2025.

Adapun cara pemberian bantuan akan diberikan dengan hitungan per Kartu Keluarga meski tinggal dalam satu rumah.

Seperti di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) karena sering sulitnya didapat gas elpiji 3 kg, membuat Dinas Perdagangan Kabupaten OKI melayangkan surat ke Pertamina, karena adanya kelangkaan gas elpiji 3 Kg. 

Ini dilakukan agar ketersediaan stok gas elpiji 3 Kg di Kabupaten OKI ditambah. Sehingga yang belakangan ini dikeluhkan oleh masyarakat karena sulit dicari atau mendapatkannya alias langka menjadi bertambah dan tidak sulit didapatkan. 

BACA JUGA:Gas Elpiji 3 Kg Langka di OKI, Pangkalan Diminta Jual Sesuai HET

BACA JUGA:Distribusi Gas Elpiji 3 Kg di Palembang Berangsur Normal, Harga Jual Masih Lebihi HET? Warga: Mudah Tapi Mahal

"Alhamdulillah, tadi kita telah menyampaikan surat kepada Pertamina langsung perihal penambahan kuota gas elpiji 3 Kg untuk Kabupaten OKI," kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, Drs H Alamsyah. 

Dijelaskan Alamsyah, adapun yang disampaikan yaitu meminta penambahan kuota gas elpiji 3 Kg sebanyak 20 persen. Dimana untuk kuota yang ada sekarang ini masih kekurangan, maka oleh karena itu sering terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg khususnya. 

"Kelangkaan gas elpiji 3 Kg khususnya memang sudah dirasakan masyarakat Kabupaten OKI belakangan ini. Jadi mencari solusinya dengan meminta tambahan kuota kepada Pertamina," terang Alamsyah, kepada SUMEKS.CO, beberapa waktu yang lalu. 

Alamsyah mengatakan, untuk salah satu penyebab dari kelangkaan gas elpiji 3 Kg yaitu dikarenakan konsumsi atau permintaan masyarakat semakin tinggi dari biasa. 

BACA JUGA:Kecanduan Judi Online, Pemuda di Palembang Nekat Curi 2 Tabung Gas Elpiji Milik Tetangganya Sendiri

BACA JUGA:Cuma Pakai KTP Sudah Bisa Daftar Beli Gas Elpiji 3 Kg Berlaku Hingga Bulan Mei Ini, Begini Caranya

"Seperti menyambut hari raya idul adha kemarin penggunaan gas elpiji meningkat karena banyak memasak," jelas Alamsyah. 

Kategori :