Upaya Mitigasi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 200 Personel untuk Dilatih Instruktur Manggala Agni

Sabtu 20-07-2024,10:54 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

Kapolda mengaku telah menginstruksikan kepada Kapolres jajaran untuk giat melakukan upaya sosialisasi dan mitigasi karhutla dengan menggandeng semua pihak termasuk perusahaan pemilik lahan perkebunan diwilayah masing masing.

“Kemaren terjadi kebakaran di Lorok Indralaya, 10 hektar lahan terbakar. Untungnya petugas disana sigap, bahkan Kapolres OI ikut turun bersama memadamkan api. Di Muratara juga sampai mengakibatkan adanya korban meninggal dunia karena membakar lahan,” ucapnya.

BACA JUGA:MEMBARA! Ini Penampakan Kebakaran Lahan di Ogan Ilir, Satgas Karhutla Terpaksa Lakukan Penyekatan Api

BACA JUGA:Wanti-Wanti Hadapi Karhutla di Musim Kemarau, Kapolres Ogan Ilir Cek Kelayakan Peralatan

Sementara, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Ferdian Krisnanto mengatakan kesediaan pihaknya untuk memberikan pelatihan ketrampilan kepada personel Polda Sumsel.

“Kami sampaikan terimakasih kepada pak Kapolda untuk kesempatan kita rapat kali ini. Kondisi di Manggala Agni sendiri memang sangat kekurangan tenaga dilapangan. Dengan adanya bantuan kekuatan dari Polda dan jajaran tentu akan menjadikan pekerjaan dilapangan semakin ringan. Dari Manggala Agni siap untuk memberikan pelatihan ketrampilan bagi personel kepolisian,” tegasnya.

Dukungan dan kerjasama semua pihak sangat dibutuhkan termasuk pengelola jalan tol. Dirinya juga mengingatkan kendala geografis dan kondisi lahan yang ada cukup menyulitkan petugas memadamkan api.

“Lahan gambut diwilayah Sumsel ini ada yang mencapai ketebalan/kedalaman hingga 6 meter, belum lagi keterbatasan persediaan air serta sulitnya mencapai lokasi. Semua menjadi tantangan dan perlunya ketrampilan menanganinya,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Musim Kemarau Memicu Ancaman Karhutla di OKI, Siaga Darurat Diterapkan!

BACA JUGA:Musim Kemarau Memicu Ancaman Karhutla di OKI, Siaga Darurat Diterapkan!

Hadir pada rapat koordinasi tersebut Wakapolda Brigjen M Zulkarnaen, para Pejabat Utama Polda, Kapolres OKI, Kapolres Banyuasin, Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Sumatera XIV Banyuasin dan XVII OKI.(*)

Kategori :