Provinsi Sumsel Jadi yang Pertama di Indonesia, Gelar Seleksi Pra Kompetisi Konstruksi

Rabu 17-07-2024,07:40 WIB
Reporter : Rappi Darmawan
Editor : Rappi Darmawan

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) mencatatkan diri sebagai provinsi pertama yang menggelar seleksi peserta Pra Kompetisi Konstruksi di Indonesia.

 

Apresiasi tersebut disampaikan langsung Direktur Kompetensi Produktivitas Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian PUPR, Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin pada Pembukaan Seleksi Peserta Pra Kompetisi Konstruksi Indonesia Se-Sumsel yang diselenggarakan UPTD PIP2B dan Jasa Konstruksi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemprov Sumsel, Selasa 16 Juli 2024 pagi. 

 

"Terus terang Saya apresiasi setinggi-tingginya pada Pemprov Sumsel. Karena Sumsel menjadi Provinsi pertama yang melaksanakan kegiatan pra kompetisi dalam rangka kegiatan konstruksi," jelas Dedy. 

 

Menurut Dedy dengan terlaksananya seleksi ini tentu akan menjadi nilai tambah bagi peserta konstruksi dari Sumsel agar dapat bersaing di ajang Kompetisi Konstruksi Indonesia 2024 yang rencananya akan diadakan rencana akan diadakan November mendatang.

 

BACA JUGA:Tokoh Asal Musi Rawas Optimis Herman Deru-Cik Ujang Bawa Perubahan untuk Sumsel, Ini Alasannya

 

BACA JUGA:Terima Kunjungan Komisi VIII DPR RI, Pj Gubernur Elen Setiadi Paparkan Program Unggulan Pemprov Sumsel

 

Sementara itu, Plh Sekda Sumsel Edward Chandra mengatakan pembangunan infrastruktur di Indonesia adalah pendorong utama kemajuan negara menuju arah yang lebih baik. Dengan adanya infrastruktur yang baik, produktivitas dan daya saing Indonesia terhadap negara-negara lain di dunia dapat meningkat secara signifikan. 

 

“Infrastruktur yang memadai dan berkualitas tinggi menjadi tulang punggung bagi kemajuan berbagai sektor, termasuk ekonomi, sosial dan teknologi,” katanya. 

 

Lebih jauh dikatakan, Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) menjadi unsur penting dalam kelancaran pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

 

Dedy mengakui pentingnya pembinaan dan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor jasa konstruksi, khususnya pada jenjang kualifikasi operator dan teknisi/analis, pemerintah dan para stakeholder terkait lainnya berkomitmen untuk meningkatkan kualifikasi tenaga kerja.

 

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Mendorong Peningkatan Kinerja Pejabat Pemprov Sumsel

 

BACA JUGA:Optimalisasi Sistem Pelaporan dan Pembaruan Legalitas, Kemenkumham Sumsel Tingkatkan Pengawasan PPNS 

 

Menurut Dedy, seleksi peserta Pra Kompetisi Konstruksi Indonesia se-Sumatera Selatan Tahun 2024 yang diadakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Selatan melalui UPTD PIP2B dan Jakon selaku penyelenggara acara, berperan penting dalam peningkatan kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) dalam pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan. 

 

"Penyelenggaraan Seleksi Peserta Pra Kompetisi Konstruksi Indonesia se-Sumatera Selatan Tahun 2024 diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Konstruksi, khususnya bagi pekerja konstruksi,” tambahnya. 

 

Melalui pelaksanaan Seleksi Peserta Pra Kompetisi Konstruksi Indonesia se-Sumatera Selatan Tahun 2024, nantinya peserta terbaik akan menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Selatan pada Pra Kompetisi Konstruksi Indonesia se-Sumbagsel di BJKW II Palembang Tahun 2024 menuju Lomba/Kompetisi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) pada acara Konstruksi Indonesia (KI) Tahun 2024 tingkat nasional di Jakarta..

 

Pada kesempatan itu,  Plh Sekda Sumsel ini menjelaskan pada 3 November 2023 di Jakarta International Expo, Provinsi Sumatera Selatan mencatat prestasi gemilang dalam lomba Pekan Konstruksi Indonesia yang diselenggarakan, meraih Juara 2 Nasional pada kategori Building Information Modelling (BIM), Juara 2 Nasional pada kategori Operator Excavator dan memenangkan Juara 3 Umum Nasional. 

 

BACA JUGA:Luar Biasa! Provinsi Sumsel Pecahkan Rekor MURI dengan Minum Kopi Terbanyak di Pinggir Sungai

 

BACA JUGA:7 Arahan Kapolda Rachmad Wibowo kepada Personel Polda Sumsel, Apa Saja?

 

Capaian ini mendorong partisipasi aktif Sumatera Selatan dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan infrastruktur, Ini membuktikan bahwa Sumatera Selatan mampu berinovasi dan dapat bersaing secara nasional. 

 

Pembukaan Seleksi Peserta Pra Kompetisi Konstruksi Indonesia se-Sumatera Selatan Tahun 2024, ditandai dengan pengalungan APD pada peserta lomba dan tanda peserta pelatihan K3 konstruksi Plh Sekda Sumsel dan Direktur Kompetensi Produktivitas Konstruksi, Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin.

Kategori :