Kabupaten Muara Enim Juara! Raih Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik di Sumsel 2024

Sabtu 13-07-2024,06:12 WIB
Reporter : Ozy
Editor : Rahmat

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Kabupaten Muara Enim meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat pertama dalam penilaian Monev Standar Pelayanan Informasi Publik di Sumatera Selatan.

Hal ini diumumkan pada Forum Koordinasi dan Konsultasi (FKK) Penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2024 yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) di Kota Palembang, Kamis 11 Juli 2024.

Pencapaian luar biasa ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen Pemkab Muara Enim dalam menyediakan informasi publik yang berkualitas, mudah diakses, dan akuntabel bagi masyarakat.

Penilaian ini meliputi berbagai aspek, seperti kualitas informasi, pelayanan informasi, komitmen organisasi, dan pemanfaatan digitalisasi.

BACA JUGA:Proliga 2024, Popsivo Polwan Bangkit! Raih Kemenangan Mengejutkan di Final Four

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Beri Penghargaan pada 9 Satuan Kerja

Hal tersebut diumumkan Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) RI, Rospita Vici Paulyn ST pada Forum Koordinasi dan Konsultasi (FKK) Penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) 2024 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) di Kota Palembang.

Melalui kegiatan yang dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenkopolhukam, Marsda TNI Eko Dono Indarto dan Asisten Administrasi Umum, Zulkarnain ST MM Ini, Komisioner KIP RI menilai Pemkab Muara Enim telah menjalankan pelayanan informasi publik dengan sangat baik sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dijelaskan bahwa penilaian KIP Provinsi Sumatera Selatan ini meliputi evaluasi dari berbagai aspek, diantaranya kualitas informasi, pelayanan informasi, komitmen organisasi dan pemanfaatan digitalisasi.

Pj Bupati Muara Enim, H Ahmad Rizali, memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras jajarannya, khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) selaku instansi pengampu, dalam mengantarkan Kabupaten Muara Enim meraih predikat "Baik Sekali" dengan nilai 91 dalam penilaian Monev Standar Pelayanan Informasi Publik di Sumatera Selatan. 

BACA JUGA:Kakanwil Harun Sulianto Paparkan Capaian Kinerja di Depan Staf Khusus Menkumham

BACA JUGA:Siap-siap Wong Palembang, Operasi Patuh Musi 2024 Akan Digelar Senin Nanti, Ini Sasarannya!

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan buah dari komitmen dan kerja keras Pemkab Muara Enim dalam menyediakan informasi publik yang berkualitas, mudah diakses, dan akuntabel bagi masyarakat.

Hal ini sejalan dengan hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar dan akurat dari pemerintah.

Lebih lanjut, Pj Bupati Muara Enim juga menekankan pentingnya pengelolaan informasi dan komunikasi publik yang efektif dalam mendukung program-program pembangunan daerah.

Kategori :