Tol Trans Sumatera Berakselerasi, Jembatan Mobilitas Menghubungkan antara Sumbar dan Aceh

Selasa 09-07-2024,14:36 WIB
Reporter : Suci
Editor : Rahmat

BACA JUGA:Pembangunan Tol Betung-Jambi, Pj Bupati Apriyadi Mahmud Dorong Penyelesaian Pengadaan Tanah

Jika tersambung sepenuhnya, Jalan Tol Sigli – Banda Aceh akan dilengkapi dengan 6 simpang susun, 7 gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal dengan kecepatan rencana yakni 100 km/jam. 

Sementara itu, untuk kenyamanan bagi pengguna jalan tol, Hutama Karya juga tengah membangun 4 buah Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) atau Rest Area yang ditargetkan rampung pada kuartal III mendatang. 

Adapun ruas yang telah beroperasi Seksi 2 hingga 6 (Seulimeum – Baitussalam) dengan ekuivalen panjang 49 km. 

“Jika Seksi I rampung, maka Tol Sigli – Banda Aceh akan tersambung sepenuhnya dan dapat mengefisiensikan waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh yang sebelumnya 2-2,5 jam menjadi 1-1,5 jam perjalanan saja,” imbuh Adjib 

Adjib juga menambahkan Hutama Karya aktif untuk berkoordinasi dengan regulator terkait 

percepatan proses pengadaan lahan Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi I sebagai salah satu strategi percepatan. 

Sebagai informasi, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI, pada Selasa 02 Juli  lalu, Direktur HUtama Hutama Karya Budi Harto memaparkan progres terbaru dari pembangunan, serta target konstruksi JTTS. 

Hutama Karya Resmi Operasikan 800 Km Jalan Tol Trans Sumatera, Fase Pertama dan Sebagian Fase Kedua Rampung 2024.

Diketahui, PT Hutama Karya  telah berhasil mengoperasikan 800 kilometer dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) hingga 25 Juni 2024. 

BACA JUGA:Tol Betung-Jambi Bakal Tambah Panjang, dari 21,8 km Menjadi 23,3 Km, Tapi Lebih Hemat Rp2,6 Miliar Kok Bisa?

BACA JUGA:Informasi Terkini Arus Lalu Lintas di Jalan Tol Trans Sumatera Periode Lebaran 2024

Perusahaan infrastruktur pelat merah ini juga mengumumkan bahwa pembangunan Tahap I dan sebagian Tahap II diharapkan selesai pada akhir tahun 2024, menandai pencapaian signifikan dalam proyek infrastruktur skala besar ini.

Saat ini, total panjang JTTS yang telah dibangun oleh Hutama Karya mencapai sekitar 1.030 kilometer, termasuk jalan tol dukungan konstruksi dengan 230 kilometer masih dalam tahap konstruksi.

 Sejumlah ruas telah beroperasi secara penuh, termasuk beberapa segmen vital yang menghubungkan berbagai provinsi dan kota besar di Pulau Sumatera.

Di antara ruas yang telah beroperasi adalah Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 km (Provinsi lampung), Tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang – Kayu Agung OKI sepanjang 189 km (Sumsel), dan Tol Palembang – Indralaya sepanjang 22 km (Sumsel). 

Kategori :