5 Golongan Manusia yang Apabila Berdoa Lagsung Allah Kabulkan, Doanya Makbul Tiada Penghalang

Jumat 05-01-2024,14:46 WIB
Reporter : Edy Handoko
Editor : Edy Handoko

Rasulullah SAW bersabda, "Ada empat orang yang doanya mustajab, yaitu (1) Pemimpin yang adil, (2) Seorang yang mendoakan saudaranya dari tempat yang jauh, (3) Orang yang dianiaya, dan (4) Doa seorang anak kepada orang tuanya." (HR Abu Nu'aim).

3. Orang yang Dizalimi

Allah membenci seseorang yang melakukan perbuatan zalim kepada sesama. Berhati-hatilah karena doa orang teraniaya atau yang terzalimi termasuk salah satu doa yang mudah diijabah oleh Allah SWT.

Rasulullah bersabda, "Doa dua orang yang tidak ada penghalang antara Allah dan doa orang-orang tersebut, yaitu: (1) Doa orang yang teraniaya, dan (2) Doa seseorang untuk saudaranya yang berada di tempat jauh." (HR Thabrani).

BACA JUGA:Doa Agar Terhindar dari Masalah, 5 Amalan Ini Bisa Dikerjakan Setiap Saat, Hilangkan Kesulitan Hidup

4. Orang Tua kepada Anak-anaknya

Doa orang tua kepada anak-anaknya sangatlah didengar oleh Allah. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Ada tiga orang yang mustajab tanpa diragukan lagi, yaitu: (1) Doa orang yang dianiaya, (2) Doa orang yang dalam perjalanan, dan (3) Doa kedua orang tua kepada anak-anaknya." (HR Bukhari dan Tirmidzi).

5. Orang yang Berpuasa

BACA JUGA:4 Doa Nabi Sulaiman Agar Dilancarkan Rezeki, Nomor 2 Paling Banyak Dicari

Terkabulnya doa orang yang berpuasa disebabkan kuatnya unsur kedekatan diri kepada Allah SWT, mengosongkan jiwa dari perkara mubah dan godaan syahwat.

Oleh karena itu, orang yang berpuasa hendaklah memanfaatkan moment berpuasa untuk memperbanyak doa dengan penuh keikhlasan dan ketundukan kepada Allah SWT dengan keyakinan terkabulnya doa.

Kategori :