WOW! Walikota Pekalongan Siapkan 3 Lokasi Salat Ied, Khusus Lapangan Mataram Idul Fitri Versi Pemerintah

Selasa 18-04-2023,03:00 WIB
Editor : Iwan

WOW! Walikota Pekalongan Siapkan 3 Lokasi Salat Ied, Khusus Lapangan Mataram Idul Fitri Versi Pemerintah

SUMEKS.CO –  Walikota Pekalongan Jawa Tengah, Achmad Afzan Arslan Djunaidi  menghebohkan jagad maya. Kebijakannya tidak member izin penggunaan Lapangan Mataram untuk kegiatan Salat Idul Fitri bagi warga Muhammadiyah menuai pro dan kontra.

Achmad Afzan Arslan Djunaidi , saat wawancara live dengan TV one mengklarifikasi hal itu. Isu yang beredar dirinya melarang Muhammadiyah menggelar salat ied atau tidak mengizinkan fasilitas pemerintah digunakan untuk salat ied tanggal 21 April 2023.

“Informasi itu salah. Bukan begitu maksud saya,” kata Achmad Afzan Arslan Djunaidi.

BACA JUGA:Terkini! 2 Walikota Larang Salat Ied di Lapangan, Muhammadiyah Protes ke Pemkot Pekalongan dan Sukabumi

Dikatakannya, 2 tahun kepemimpinanya tidak ada pelarangan penggunaan fasilitas pemerintah untuk kegiatan salat ied bagi umat islam manapun.

Khusus untuk umat Islam yang merayakan Idul Fitri tanggal 21 April 2023, pemerintah telah menyiapkan 3 lokasi utama. Yakni Stadion Gugen, Lapangan Peturen dan halaman Kecamatan Pekalongan selatan.

“Khusus Lapangan Mataram ada pertimbangan khusus, karena menyatu dengan kantor Pemkot Pekalongan yang setiap tahun menggelar salat ied disitu,” Achmad Afzan Arslan Djunaidi  

“Jadi bukan melarang, tetapi menunggu ketetapan pemerintah pusat,” sambungnya.

BACA JUGA:Nggak Habis Pikir, 2 Walikota di Indonesia Ini Tak Izinkan Jemaah Muhammadiyah Salat Ied, Menag Angkat Bicara

Jika lebarannya bersamaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah menurutnya tidak masalah. Namun, jika ketetapan pemerintah merayakan Idul Fitri tanggal 21 April 2023, tidak ada masalah. “Ini khusus Lapangan Mataram,” tegasnya.

Dia kawatir tanggal 21 April 2023 sudah ada salat idul fitri, sementara pemerintah justru menyataan lebaran tanggal 22 April. “Kita menghindari disentil pemerintah provinsi atau pemerintah pusat,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya ,Jemaah Muhammadiyah di Kota Pekalongan dan Kota Sukabumi, tampaknya harus mencari lapangan lain untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriyah pada 21 April 2023 mendatang.

Hal tersebut, dikarenakan Walikota Pekalongan dan Walikota Sukabumi, tak memberikan izin kepada jemaah Muhammadiyah untuk melaksanakan Sholat Ied di Lapangan Merdeka kedua kota tersebut.

BACA JUGA:HOT NEWS! Jemaah Muhammadiyah Dilarang Laksanakan Salat Ied di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Kok Bisa?

Kategori :