Kadinkes Palembang Berbagi Tips Cegah DBD, Simak Pernyataannya

Senin 30-01-2023,10:53 WIB
Reporter : M Naba Anwar
Editor : Dendi Romi

Membersihkan tanaman liar di pekarangan rumah pekarangan hijau dan penuh bunga memang membuat penampilan rumah makin cantik dan indah.

Namun, Anda harus rajin-rajin merawatnya agar tidak malah jadi sarang nyamuk. Rerumputan lebat dan kumpulan ilalang liar yang tidak terawat dapat menjadi sarang nyamuk tersembunyi. 

BACA JUGA:Waspada DBD Saat Musim Penghujan Tiba, Dinkes OKI Imbau Warga Lakukan 3M

Terlebih ketika di musim hujan, tidak semua airnya terserap ke dalam tanah. Kadang masih ada sisa-sisa genangan air yang bersembunyi di antara tanaman yang tumbuh liar. 

Nah, di sinilah nyamuk akan bebas berkembang biak menelurkan ribuan jentiknya. Babat rata dan rapikan perkarangan atau tanaman liar di sekitar rumah. Jangan lupa juga untuk menguras setiap pot dan tutup lubang-lubang genangan, ratakan dengan tanah.

5. Jaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh Anda merupakan langkah terpenting lainnya yang perlu dilakukan sebagai pencegahan DBD atau demam berdarah adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, risiko Anda terkena penyakit pun dapat dikurangi. Anda dapat melindungi daya tahan tubuh dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat. 

BACA JUGA:Basmi DBD, Dinkes Muara Enim Lakukan Foging Focus

Mencegah demam berdarah dengan cara banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Aturlah menu makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta daging. 

Berolahraga juga cara terbaik menjaga kesehatan tubuh guna mencegah demam berdarah. 

Usahakan untuk olahraga secara rutin. Tidak perlu terlalu berat, contohnya seperti cukup berjalan santai selama 30 menit per hari.

Kurangi pula kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, kurang tidur, serta pelajari cara mengelola stres yang baik. 

"Dijamin akan merasakan perubahan yang nyata dalam kesehatan secara keseluruhan," tutup Fenty.

Kategori :