Kepentingan Database DNA Kriminal, Labfor Polda Sumatera Selatan Ambil Sampel DNA 6 Orang Terduga Teroris

Kepentingan Database DNA Kriminal, Labfor Polda Sumatera Selatan Ambil Sampel DNA 6 Orang Terduga Teroris

Petugas Bid Labfor Polda Sumatera Selatan saat mengambil sampel DNA salah seorang tersangka terduga teroris. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumatera Selatan mengambil sampel DNA terhadap enam orang tersangka terduga teroris Senin 13 Maret 2023. 

Sampel DNA yang diambil dari tersangka selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan profil DNA untuk kepentingan database DNA kriminal

Hasil pemeriksaan profil DNA tersebut akan dijadikan database DNA kriminal untuk mendukung pembangunan bank data DNA kriminal.

“Database DNA kriminal yang ada pada Bidlabfor Polda Sumsel dapat berguna dalam mendukung tugas pokok Polri sebagai penegakan hukum,” kata Kabid Labfor Polda Sumsel Kombespol Rio Nababan melalui Kasubbid Kimbio AKBP Yan Parigosa. 

BACA JUGA:Sumur Minyak Ilegal di Desa Keban Musi Banyuasin Terbakar, 1 Tewas, Labfor Polda Sumatera Selatan Olah TKP

BACA JUGA: Polda Sumsel Turunkan Tim Labfor dan Inafis Selidiki Kebakaran di Pasar Cinde Palembang

Dengan adanya database DNA kriminal dapat membantu pengungkapan kasus tindak kriminal dengan cepat dan akurat, tidak hanya pada kasus tindak kriminal TP Teroris, tetapi juga pada kasus tindak pidana Pembunuhan, asusila dan yang lainnya.

Berdasarkan Peraturan Kapolri nomor 14 Tahun 2018 tentang Susunan Organisasi dan tata Kerja Satuan pada Tingkat Kepolisian Daerah, Bidlabfor adalah unsur pelaksana teknis yang berada di bawah Kapolda.

Visi Bidlabfor adalah mendukung pelaksanaan penegakan hukum dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memberikan kepastian hukum serta mewujudkan aparat penehakan hukum dan masyarakat yang berwawasan forensik.

Bidlabfor bertugas mendukung tugas-tugas Reserse Kriminal dengan menerpkan ilmu Forensik untuk mengungkap tindak pidana, dengan melaksanakan pemeriksaan teknis kriminalistik barang bukti secara ilmiah dan komprehensif.(*)

BACA JUGA:Tim Puslabfor Polda Sumsel Langsung Turun Lakukan Pengecekan Gudang BBM Ilegal

BACA JUGA:Labfor dan Jatanras Diterjunkan, Kapolda Sumsel: Penembak Sopir Truk Dapat Segera Ditangkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: