140 Pendekar Silat Berkompetisi di Padepokan IPSI Palembang

140 Pendekar Silat Berkompetisi di Padepokan IPSI Palembang

Aksi dua pendekar dalam kejuaraan pencak silat IPSI Palembang di padepokan Sematang Borang, Palembang, Jumat 27 Januari 2023. foto: deny wahyudi sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa membuka kejuaraan pencak silat di Padepokan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jl Praja Gupta, Gg May Sumad, Kecamatan Sematang Borang Palembang, Jumat 27 Januari 2023. Turnamen dilaksanakan selama tiga hari 27-29 Januari 2023.

"Ini merupakan sesuatu kegiatan yang positif untuk menggali potensi atlie pencak silat," kata Ratu Dewa usai membuka kejuaraan.

Ratu Dewa mengatakan, bahwa pencak silat merupakan salah cabang olahraga yang memiliki catatan prestasi di Palembang. 

"Kehadirannya saya di sini ingin melihat secara langsung baik sarana dan prasarana yang ada di pedepokan. Saya berharap ke depan bisa membina Pekan Olahraga Provinsi dan Nasional," ujar Ratu Dewa. 

BACA JUGA:Terpilih Aklamasi, Yudi Purna Nugraha Nahkodai IPSI OKU

Suatu hal yang penting dalam kejuaraan ini adalah semangat untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Menang atau kalah bukanlah suatu tujuan utama, melainkan untuk saling mengenal dan memperkaya hasanah pencak silat, serta membina dan melatih jiwa sportivitas.

"Saya berpesan agar para atlet dan para pendukung untuk menjunjung tinggi sportivitas. Menjaga kondusivitas dan jangan sampai terjadi perselisihan antar perguruan," ungkap Ratu Dewa. 

Sementara, Ketua Panitia kejuaraan pencak silat di Padepokan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sehat Saputra RA menambahkan, dalam kegiatan kejuaraan pencak silat ini diikuti 140 orang peserta yang terdiri dari 96 laki-laki dan 44 perempuan. 

"Dari 140 orang peserta kompetisi ini akan diseleksi lagi. Kami akan ambil 20-26 orang peserta yang akan mengikuti lomba pekan olahraga atau kejuaraan provinsi bulan 3 nanti," kata Sehat Saputra RA. 

BACA JUGA:Buka IPSI OKI OPEN 2022, Bupati OKI Ajak Kenalkan Pencak Silat Sejak Usia Dini

Ditambahkan Sehat Saputra RA, ada beberapa kategori tingkatan yang dipertandingkan dengan usia 17-35 tahun. "Dalam pertandingan ini kami membuka seni yaitu tunggal, ganda, beregu, dan figter," jelas Sehat Saputra RA. 

Lanjut Sehat Saputra RA, dalam kejuaraan pencak silat ini diikuti oleh 20 perguruan IPSI, yakni Histori, Nasional, Satria Muda Indonesia, Perisai Diri, Tapak Suci, PSHT dan perguruan lainnya di Palembang. 

"Selan itu, saya juga berharap kepada para peserta yang mengikuti kejuaraan pencak silat untuk mengikuti aturan yang ada, dan semoga ke depannya bisa berjalan lancar serta sukses," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: