Masjid H Bajumi Wahab, Jadi Lokasi Favorit Foto Prewedding Kawula Muda di Ogan Ilir

Masjid H Bajumi Wahab, Jadi Lokasi Favorit Foto Prewedding Kawula Muda di Ogan Ilir

Menjelang wafat, H Bajumi Wahab sempat berwasiat kepada anaknya, H Rosihan Nuch Bajumi, untuk membangun sebuah masjid di Desa Tanjung Sejaro, Indralaya.-Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - H Bajumi Wahab adalah salah seorang pengusaha terkenal di Sumatera Selatan. Pria kelahiran Desa Tambang Rambang Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten OGAN ILIR, 4 Januari 1924 ini, tumbuh dan besar dari keluarga saudagar.

Tak heran, jika H Bajumi Wahab menjadi seorang pengusaha yang ulet dan memiliki banyak relasi. Bahkan, menurut sumber yang ada menyebutkan, H Bajumi Wahab pernah menjalin hubungan dengan Jepang pada masa akhir pendudukan Jepang. 

H Bajumi Wahab membarter bahan-bahan makanan dengan barang-barang manufaktur buatan Jepang yang kemudian dijual lagi. Agaknya modal awal usahanya diperoleh dengan cara seperti itu. Dia termasuk dalam kelompok pedagang besar Palembang yang mempunyai koneksi dengan Singapura sejak 1946.

Setelah puluhan tahun berbisnis, aset dan kekayaan H Bajumi Wahab terus tumbuh dari waktu ke waktu. H Bajumi Wahab dan ekspansi usahanya turut merambah berbagai ranah. Berawal dari perdagangan hasil bumi dan bahan-bahan mentah, melebar ke jasa pelayaran, percetakan dan reklame, pusat perbelanjaan, bioskop hingga ke jasa pendidikan. 

Salah satu aset milik H Bajumi Wahab yang saat ini masih berdiri kokoh, adalah, Masjid H Bajumi Wahab yang terletak di Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya. Masjid ini lebih tepat disebut sebagai wakaf daripada aset dari H Bajumi Wahab.

BACA JUGA:Pekan Ketiga Desember 2022, Harga Emas Batangan Pegadaian Palembang Turun

Menjelang wafat, H Bajumi Wahab sempat berwasiat kepada anaknya, H Rosihan Nuch Bajumi, untuk membangun sebuah masjid di Desa Tanjung Sejaro, Indralaya, tempat kelahiran orang tua Bajumi Wahab. Bajumi berpesan demikian agar kelak masjid tersebut dapat memberi manfaat bagi penduduk Desa Tanjung Sejaro serta sekitarnya.

Masjid H Bajumi Wahab dibangun di atas lahan seluas satu hektare dengan menelan biaya hampir mencapai Rp 10 miliar. Masjid eksentrik tersebut dihiasi tegel keramik putih di segala penjurunya, menara setinggi 28 meter serta pohon-pohon kurma yang sengaja dipesan langsung dari luar Sumatera.

BACA JUGA:11 Ragam Jenis Kemeja Flanel yang Kembali Diminati Anak Muda

Masjid H Bajumi Wahab yang terletak di Jalan Lintas Palembang-Kayuagung tepatnya di Desa Tanjung Sejaro, Indralaya ini, menjadi salah satu masjid favorit di Kabupaten Ogan Ilir.

Karena arsitekturnya yang begitu megah, menjadikan masjid ini sering dikunjungi warga yang melintas maupun sengaja untuk berfoto. Masjid ini juga sering dijadikan lokasi preewedding, bagi muda mudi yang akan menikah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: