Politeknik Penerbangan Palembang Integrasikan Pelatihan Internasional ICAO dan IATA Revisi Kurikulum PPKP

Politeknik Penerbangan Palembang Integrasikan Pelatihan Internasional ICAO dan IATA Revisi Kurikulum PPKP

Para peserta dari berbagai institusi penerbangan berdiskusi dalam revisi kurikulum PPKP di Politeknik Penerbangan Palembang.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Politeknik Penerbangan Palembang kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di sektor penerbangan dengan menjadi tuan rumah kegiatan penting yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan Udara.

Kegiatan ini berfokus pada revisi kurikulum Program Studi Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Penerbangan (PPKP) jenjang Diploma Tiga, yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 27 September 2024.

Revisi kurikulum ini melibatkan berbagai pakar dan praktisi dari institusi terkait, termasuk Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Penerbangan Jayapura, PT Angkasa Pura II, Otoritas Bandar Udara Soekarno-Hatta, Direktorat Bandar Udara, serta Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kegiatan revisi kurikulum ini memiliki tujuan strategis, yaitu untuk mengintegrasikan pelatihan-pelatihan internasional dari organisasi penerbangan dunia seperti ICAO (International Civil Aviation Organization) dan IATA (International Air Transport Association).

BACA JUGA:Resto Apung SESERA Binaan PT Pusri Palembang Raih Sertifikasi Halal, Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

BACA JUGA:Pegawai Toko di Lubuklinggau Ditemukan Tewas Tergantung dengan Kabel Setrika di Bawah Tangga

Beberapa pelatihan yang diintegrasikan ke dalam kurikulum baru meliputi Foam Tender Operation and Defensive Driving serta Aviation Fire Fighting Foam Evaluation dari ICAO, serta Human Factors and Safety Management Fundamentals dari IATA.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada lulusan dengan kompetensi yang relevan di pasar global, sehingga lulusan tidak hanya memiliki kemampuan teknis, tetapi juga bersertifikat internasional.

Yani Yudha Wirawan, S.Si.T., M.T., Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Politeknik Penerbangan Palembang, menjadi salah satu inisiator dalam penyusunan strategi revisi kurikulum ini.


Kegiatan revisi kurikulum PPKP yang dihadiri oleh pakar dari ICAO, IATA, dan institusi terkait, bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan.--

Menurut Yani, integrasi pelatihan internasional merupakan bagian penting dari upaya peningkatan mutu program studi di lingkungan Perguruan Tinggi Sekolah Matra Udara di bawah Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:Buruan Klaim Sekarang! Saldo DANA Kaget Gratis Rp170 Ribu Hari Ini 25 September 2024

BACA JUGA: Perbandingan iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24, Mana yang Spesifikasinya Lebih Unggul?

"Kami ingin lulusan tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki sertifikasi kompetensi berstandar internasional yang memungkinkan mereka bersaing di pasar global," ujar Yani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: