Innalillahi, Hari Ini Gempa Mengguncang Jawa Barat Dan Sekitarnya Begini Dampaknya

Innalillahi, Hari Ini Gempa Mengguncang Jawa Barat Dan Sekitarnya Begini Dampaknya

Innalillahi, Hari Ini Gempa Mengguncang Jawa Barat Dan Sekitarnya Begini Dampaknya--

Innalillahi, Hari Ini Gempa Mengguncang Jawa Barat Dan Sekitarnya Begini Dampaknya

Bandung, sumeks.co- Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun. Musibah gempa bumi berkekuatan M 4,9 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 18 September 2004.

Gempa mengguncang mulai pagi  tepatnya pukul 09.41 WIB hingga siang tadi. 

Ya, guncangan gempa tersebut tidak hanya dirasakan di Bandung, namun juga menyebar ke berbagai wilayah sekitar, menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan. 

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa akibat gempa ini, beberapa bangunan di Kabupaten Bandung mengalami kerusakan, dan masyarakat diimbau tetap waspada.

Menurut keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa ini berada di darat, sekitar 25 km tenggara Kabupaten Bandung, pada koordinat 7,23° LS dan 107,65° BT dengan kedalaman 10 km.

Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengungkapkan bahwa gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Sesar Garsela, sebuah sesar aktif yang diketahui sering memicu gempa di wilayah Jawa Barat.

BACA JUGA:Kemunculan Awan Tsunami di Wilayah Indonesia yang Bikin Geger, Benarkah Pertanda Gempa Megathrust?

BACA JUGA:Gempar! Jutaan Ikan Terbang Muncul di Pantai Tasikmalaya, Tanda Tsunami dan Gempa Megathrust Melanda Jabar?

Kekuatan Gempa dan Wilayah Terdampak

Meskipun pada awalnya dilaporkan bahwa gempa memiliki kekuatan magnitudo (M) 5,0, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa tersebut berkekuatan M 4,9. Gempa ini terasa di beberapa wilayah dengan intensitas berbeda. 

Wilayah yang merasakan dampak paling kuat adalah Majalaya dengan intensitas III-IV MMI, yang berarti getaran dapat dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, serta beberapa bangunan mengalami kerusakan ringan.

Selain Majalaya, wilayah lain yang juga merasakan getaran cukup kuat adalah Banjaran dengan intensitas III MMI, di mana getaran cukup dirasakan di dalam rumah seolah-olah ada truk besar yang melintas. 

Sementara itu, di Lembang, Parompong, Kabupaten Bandung Barat, Baleendah, Garut, dan Cileunyi, gempa dirasakan dengan intensitas II-III MMI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: