Masjid Negara Megah di IKN: Siap Tampung 60.000 Jamaah, Simbol Keagungan Nusantara

Masjid Negara Megah di IKN: Siap Tampung 60.000 Jamaah, Simbol Keagungan Nusantara

Pembangunan Masjid Negara di IKN didesain tampung 60.000 jamaah. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Untuk diketahui, lanjut dia, Masjid Negara IKN dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, bersama kontraktor pelaksana PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero), dalam sebuah kerja sama operasi (KSO).

Proyek ini juga sepenuhnya didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total anggaran mencapai Rp940 miliar.

BACA JUGA:Keren! Patung Garuda Jadi Ikon Bandara VVIP IKN

BACA JUGA:Muzak Marko Pertanyakan Anggaran Rp87 Miliar untuk Perayaan HUT RI di IKN, 'Rakyat Lagi Kesusahan'

Pembangunan awal masjid dimulai pada November 2023 dan ditargetkan selesai pada Desember 2024.

Masjid ini akan berdiri di atas lahan seluas 32.125 meter persegi, dengan bangunan utama yang mencakup tiga lantai lower ground, satu ground floor, dan dua mezzanine, dengan luas total 61.596 meter persegi.

Selain itu, masih kata Danis, akan ada area komersial seluas 2.221 meter persegi dan area penunjang seluas 7.340 meter persegi.

Masjid ini juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk plaza, tempat wudhu, ruang rapat, hall pertemuan, ruang tunggu VIP, serta infrastruktur pendukung seperti jalan, jembatan, dan utilitas kawasan.

BACA JUGA:Surga Baru Investasi di IKN dengan Jaminan HGU 190 Tahun dan HGB 160 Tahun

BACA JUGA:Bullying Dokter Spesialis Harus Diakui Ada, Yang Bantah Sebaiknya Dites Kejiwaannya

Lanskap hijau di sekitar masjid akan dihiasi dengan kolam retensi seluas 123.502 meter persegi, yang akan dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV, di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA).

Jadi dengan perubahan desain ini, Masjid Negara IKN diharapkan tidak hanya menjadi pusat kegiatan ibadah yang besar, tetapi juga ikon arsitektur yang akan memperkuat identitas ibu kota baru Indonesia di mata dunia.

Masjid Negara ini tidak seperti masjid lain di sekitar IKN pada umumnya, Masjid Negara ini akan dikelilingi air, embung, serta menampilkan keindahan pada desain eksterior dan interior.

Pendesainnya, Nyoman Nuarta, mengatakan untuk pintu masjid didesain untuk mengakomodasi arah angin.

BACA JUGA:Ini Cerita Puan Maharani Nginap di Rumah Tapak Menteri di IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: