Sumbu Kebangsaan di IKN Resmi Digunakan Sambut HUT RI ke-79

Sumbu Kebangsaan di IKN Resmi Digunakan Sambut HUT RI ke-79

Sumbu Kebangsaan di IKN resmi digunakan sambut HUT RI ke-79. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Fasilitas pendukung di Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) selesai dibangun. Sehingga segera difungsikan. 

Yaitu kawasan Sumbu Kebangsaan yang meliputi berbagai sejumlah lokasi. Dimana telah resmi difungsikan dengan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kawasan Sumbu Kebangsaan yang diresmikan yaitu ruang terbuka hijau yang inklusif di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantarakita.

Yaitu Sumbu Kebangsaan ini meliputi Plaza Seremoni, jalur pejalan kaki, jalur sepeda, share street, visitor centre, amphitheater, Galeri UMKM, dan forest trail. 

BACA JUGA:Usai Disorot Paskibraka di IKN Kembali Memakai Jilbab, Warganet: Aneh BPIP Ini Masak Bongkar Pasang Hijab

BACA JUGA:Mantap! Timnas Indonesia Bakal Jajaki Stadion Baru di IKN, Jadi Tempat Training Camp Termegah?

Disampaikan Presiden, Sumbu Kebangsaan  merupakan ruang terbuka yang menggambarkan keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam lingkungan. 

Juga manusia dengan sesamanya. "Saya berharap kehadiran Sumbu Kebangsaan yang dilandasi filosofi keluhuran hubungan Tuhan, manusia, dan alam menjadikan Ibu Kota Negara Nusantara sebagai kota yang harmonis nyaman dan damai, "ujar Jokowi. 

Dijelaskan Jokowi, IKN sudah mendekati 100 persen kesiapan merayakan HUT ke-79 RI tahun ini. Dimana telah ditinjau ulang dan dinilai sudah bagus. Areal Sumbu Kebangsaan disiapkan untuk menyambut perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) yang akan dilaksanakan di IKN.

Sementara itu, Plt Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni mengatakan Sumbu Kebangsaan dibangun dengan menaruh nilai artistik dan filosofis.

BACA JUGA:IKN Siap Meriahkan HUT RI ke-79! Hotel Bintang 5 Mewah Sudah Buka, Tarifnya Bikin Penasaran

BACA JUGA:Hadiri Sidang Kabinet Perdana di IKN: Semangat Lanjutkan Pembangunan

 "Sumbu Kebangsaan merupakan salah satu dari kawasan IKN yang patut kita banggakan, hasil karya anak bangsa dan dinikmati oleh generasi sekarang dan yang akan datang," jelasnya. 

Kementerian PUPR membangun kawasan Sumbu Kebangsaan sejak Desember 2022 atau kurang lebih 20 bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: