Ingin Jadi ASN di Ibu Kota Baru? Kemenag Sediakan Ribuan Formasi, Daftar Sekarang!

Ingin Jadi ASN di Ibu Kota Baru? Kemenag Sediakan Ribuan Formasi, Daftar Sekarang!

Kemenag buka ribuan formasi CPNS 2024 khusus penempatan IKN, persiapkan diri. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Pemerintah membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur. Dimana pembangunannya terus dikebut. Sehingga segera difungsikan, apalagi tahun ini upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 juga dilaksanakan disana. 

Terkait pemerintah di IKN Nusantarakita, segera sejumlah pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) juga dipindahkan disana. 

Rupanya, tahun 2024 ini pemerintah membuka lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi Kementerian Agama (Kemenag) khusus penempatan di IKN Nusantarakita.

Perekrutan CPNS khusus Kemenag ini dibuka dengan formasi ribuan. Yaitu sebanyak 1.378 formasi khusus untuk penempatan di IKN Nusantarakita. 

BACA JUGA:IKN Sambut HUT RI ke-79, Presiden Jokowi Pimpin Sidang Paripurna dengan Semangat Baru

BACA JUGA:HUT RI ke-79 Semakin Dekat, Plaza Seremoni IKN Mampu Tampung Ribuan Warga

Ini dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam mendukung pembangunan IKN Nusantarakita. 

Disampaikan, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag Wawan Djunaedi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan formasi teknis CPNS 2024 untuk Kemenag sejumlah 13.780.

"Jumlah ribuan formasi itu untuk IKN ini jumlahnya 10 persen dari jumlah tenaga teknis, seperti pula dengan yang ada di kementerian lain. 10 persennya dari 13.780 berarti 1.378," terangnya. 

Dijelaskan Wawan, bahwa Kementerian Agama dijadwalkan baru akan pindah ke IKN pada gelombang ketiga. Dimana memang pemerintah melakukan pemindahan secara bertahap, yaitu sesuai dengan hunian yang ada. 

BACA JUGA:Dituding Mistis, Ini Jawaban Pendesain Istana Garuda di IKN

BACA JUGA:Tol IKN Beroperasi Jelang HUT RI ke-79, Akses Ibu Kota Nusantara Semakin Mudah

Adapun jadwal gelombang ketiga diperkirakan baru akan berlangsung pada 2025-2026. Namun tidak begitu lama ini. Karena sekarang ini sudah bulan Agustus 2024.

"Jadi sebelum pemindahan kantor pusat Kemenag ke IKN, rencananya ada dua opsi, mereka bisa ditempatkan di satker pusat di Jakarta atau difungsikan ke daerah terdekat," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: