Demi Kehadiran 'King Indo' Jadwal Piala AFF Dimundur, Doa Mustajab STY

Demi Kehadiran 'King Indo' Jadwal Piala AFF Dimundur, Doa Mustajab STY

Jadwal piala AFF diundur dari jadwal semestinya ini menjadi angin segar bagi Shin Tae-yong mempersiapkan Timnas Indonesia di jadwal yang padat--Dok: SUMEKS.CO

Pelatih Pau Marti Vicente dan timnya memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan Piala AFF 2024. Penundaan turnamen ini lebih dari 2 minggu tidak akan berdampak besar pada proses persiapan Malaysia. 

Lain halnya dengan Malaysia, Timnas Indonesia punya dua agenda besar di penghujung tahun ini, yakni Piala AFF dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang berhasil lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Mau tak mau nantinya Timnas Indonesia harus membentuk dua skuad yang berbeda untuk bermain di dua ajang yakni ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala AFF 2024. 

BACA JUGA:Tradisi Emas Bulutangkis Indonesia Sirna di Olimpiade Paris 2024, Tragedi Pahit di 2012 Kembali Terulang

BACA JUGA:Drama Matthew Baker: Buktikan Kesetiaan, Tolak Timnas U17 Australia!

Para pemain terbaik akan fokus mengikuti turnamen pertama, sedangkan untuk Piala AFF akan dipercayakan pada tim pemenang SEA Games 2023. 

Menariknya, pelatih Shin Tae-yong akan merangkap memimpin kedua tim tersebut. Padahal sebelumnya muncul nama Indra Sjafri dan Nova Arianto yang akan menggantikan peran STY di Piala AFF.

Apabila Piala AFF 2024 digelar sesuai jadwal lama (mulai 23 November), maka pelatih Shin Tae-yong hanya punya waktu beberapa hari untuk kembali berkumpul dengan timnas kedua. 

Tentunya ini mengingat Timnas Indonesia baru melakoni dua laga kualifikasi Piala Dunia. melawan Jepang dan Arab Saudi pada 14 dan 19 November.

BACA JUGA:Asal Usul Julukan “Wak Haji” Ragnar Oratmangoen Bersinggungan dengan Pemain Real Madrid

BACA JUGA:Performa di Olimpiade Paris 2024 Mengecewakan, BL Indonesia Salahkan PBSI, Sebut ada 15 Dosa

Namun setelah Piala AFF 2024 dijadwal ulang menjadi 9 Desember, pelatih Shin Tae-yong punya waktu lebih dari 2 minggu untuk mempersiapkan diri bersama skuad kedua Timnas itu. 

Ini akan menjadi masa persiapan yang sangat baik bagi skuad kedua Timnas Indonesia yang tergabung di grup U-23 bisa bersaing memperebutkan gelar juara di Piala AFF 2024.

Maka dari itu Timnas Indonesia akan menjadi tim yang paling diuntungkan dan mungkin paling puas ketika Piala AFF berganti jadwal pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: