Ratusan Jamaah Haji Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci, Apa Penyebabnya?

Ratusan Jamaah Haji Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci, Apa Penyebabnya?

Ratusan jamaah haji asal Indonesia wafa pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 ini dan sampai operasional pelaksanaanya telah selesai. Yakni dimana untuk operasional pelaksanaan ibadah haji telah berakhir di 22 Juli 2024 kemarin. 

Jamaah haji telah dipulangkan ke tanah air sesuai embakasi masing-masing. Dan hanya beberapa Jamaah haji yang tersisa di Arab Saudi karena masih di rawat Rumah Sakit. 

Untuk operasional ibadah haji 1445 H/2024 M sudah berakhir. Kelompok terbang (kloter) terakhir jamaah haji Indonesia tiba di Tanah Air pada 22 juli 2024. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 25 Juli 2024 telah menegaskan bahwa operasional ibadah haji tahun ini sudah selesai. Dimana hingga selesai operasional ibadah haji, untuk jamaah haji Indonesia yang wafat mencapai ratusan. 

BACA JUGA:Menteri Agama Klaim Kesuksesan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2024, Karena Gunakan Skema 4-3-5, Apa Itu?

BACA JUGA:Jemaah Haji Asal Palembang yang Sempat Dirawat di Arab Saudi Akhirnya Wafat, 1 Lagi Dipulangkan ke Babel

“Alhamdulillah, seluruh tahapan sudah selesai dan saya nyatakan operasional haji 1445 H/2024 M berakhir. Dalam waktu dekat, kita akan menggelar evaluasi sekaligus memulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M," ujarnya dalam closing statement Sukses Haji 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. 

Dimana Arab Saudi sudah mengumumkan bahwa kuota haji Indonesia tahun 2025 sebanyak 221.000. Pada awal September 2024, sudah akan dimulai pertemuan persiapan dan rapat dengan perusahaan penyedia layanan. 

Dia menyampaikan, dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, mencatat, ada 461 jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi pada operasional haji tahun ini, terdiri atas 441 jamaah haji reguler dan 20 jemaah haji khusus.

Proses pemberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci berlangsung sejak 12 Mei – 11 Juni 2024. Total ada 213.275 jamaah haji reguler yang diberangkatkan ke Arab Saudi, 229 kloter (kelompok terbang) berangkat pada gelombang pertama dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

BACA JUGA:Pemulangan Jamaah Haji Selesai, Jamaah Sakit Menunggu di Rumah Sakit Arab Saudi

BACA JUGA:Aduh! Tahun Depan Ongkos Haji Naik Lagi, Siap-siap Berhemat

Lalu ada 324 berangkat pada gelombang II dan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Setelah menjalani puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) pada 14 – 19 Juni 2024, jamaah haji Indonesia secara bertahap dipulangkan ke Tanah Air.

Kemudian untuk pemulangan jamaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang I berlangsung dari 22 Juni – 4 Juli 2024. Sebanyak 183 kloter pulang dari Jeddah, sedang 46 kloter pulang dari Madinah (Garuda tidak mendapatkan slottime di Jeddah). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: