5 Kebiasaan Penting untuk Masa Depan Cerah: Ajari Anakmu Sejak Dini!

5 Kebiasaan Penting untuk Masa Depan Cerah: Ajari Anakmu Sejak Dini!

5 Kebiasaan Penting untuk Masa Depan Cerah.--

SUMEKS.CO - Banyak anggapan bahwa karakter dan sifat anak merupakan bawaan dari lahir. Padahal, karakter seseorang saat dewasa merupakan hasil dari kebiasaan-kebiasaan yang dipupuk sejak ia kecil.

Ya, di masa pertumbuhannya, anak seringkali meniru apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya, terutama orang tua. Di sinilah peran penting orang tua untuk membentuk kebiasaan sang anak sejak kecil. 

Orang tua bisa memulainya dari dari hal yang paling sederhana dan dilakukan berulang-ulang di kehidupan anak sehari-hari.

Lantas, apa saja hal baik yang harus diajarkan kepada anak sejak dini untuk membentuk fondasi karakternya saat dewasa? 

BACA JUGA:Ampuh! FSG Jadi Kunci Kesuksesan Program Rehabilitasi Lapas Narkotika Muara Beliti

BACA JUGA:Luar Biasa! Universitas Bina Darma Jadi Kampus Terbaik di Sumsel

1. Makan makanan bergizi 

Orang tua pasti memahami bahwa asupan makanan bergizi penting untuk memastikan si kecil mendapatkan nutrisi sesuai angka kebutuhan gizinya. Di sisi lain, menanamkan kebiasaan makan sehat bisa menjadi tantangan bagi orang tua. 

Untuk mengatasinya, orang tua harus menjadi role model dengan konsisten menyajikan makanan bergizi seimbang setiap harinya. Bila perlu, ajak anak berkenalan dan mempersiapkan hidangan keluarga untuk menumbuhkan antusiasmenya.

2. Mengucapkan “tiga kata ajaib”

Tiga kata ajaib “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih” akan membentuk anak menjadi pribadi yang mengutamakan sopan santun, menghargai sesama, dan peka terhadap lingkungannya. 

BACA JUGA:Inilah Inovasi Mobil Listrik Pertama Honda untuk Pasar Indonesia, Speknya Bisa Dicek di GIIAS 2024

BACA JUGA:Sistem Estafet, Tersangka yang Selundupkan BBL Senilai Rp5,6 Miliar Mengaku Hanya Diupah Kecil

Jadi, ajarkan anak untuk selalu mengucapkan “terima kasih” saat ada orang lain yang berbuat baik padanya, “tolong” saat hendak meminta bantuan pada orang lain, dan mengucap “maaf” saat melakukan kesalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: