Visitasi EPSS Kominfo Muba: Menuju Predikat Baik IPS dengan Penguatan Data Statistik

Visitasi EPSS Kominfo Muba: Menuju Predikat Baik IPS dengan Penguatan Data Statistik

Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan upaya untuk mengevaluasi dan memperbaiki penyelenggaraan statistik sektoral di Indonesia.--

SEKAYU, SUMEKS.CO - Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan upaya untuk mengevaluasi dan memperbaiki penyelenggaraan statistik sektoral di Indonesia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan akurasi data statistik yang diperoleh dari berbagai sektor ekonomi dan sosial di dalam negeri.

Kegiatan visitasi yang merupakan tahapan penilaian untuk memperkuat tata kelola data pemerintah memiliki tujuan yang sangat penting dalam konteks penyediaan data yang berkualitas bagi berbagai kebutuhan, termasuk perencanaan pembangunan, evaluasi kebijakan, dan pengambilan keputusan.

Beberapa tujuan utama dari kegiatan ini antara lain Akurasi, Mutakhir, Terpadu, Dapat Dipertanggungjawabkan, Mudah Diakses dan Dibagi Pakai.

BACA JUGA:Aksi Arogan Oknum Petugas PJR, Diduga Main Tangan ke Sopir Truk di Jalan Tol, Videonya Viral di Medsos

BACA JUGA:Tantang STIN BIN, Palembang Bank Sumsel Babel Pasang Target Tinggi Perebutan Peringkat Ketiga Proliga 2024

Selain itu Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas serta Pencapaian sasaran RB Nasional.

Kadin Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga AP, mengatakan bahwa pengelolaan EPSS butuh sebuah komitmen yang kuat dan kontribusi nyata semua pihak. 

"Karena keberhasilan bergantung pada dedikasi dan partisipasi aktif dari seluruh tim yang terlibat untuk memastikan langkah langkah setiap proses berjalan dengan baik dan efektif termasuk harga pada tahap visitasi ini," ungkap dia.

Ia berharap melalui Kegiatan Visitasi ini Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Muba mendapatkan predikat BAIK.

BACA JUGA:Oppo Find N3, Smartphone dengan Bentuk Ramping dan Ringan, Beratnya Cuma 239 Gram!

BACA JUGA:Viral di Tiktok! Rombongan Emak-emak Nyanyi Keras di Kereta, Netizen: Emang Boleh Seberisik Ini?

"Semoga mendapatkan hasil yang baik dari hasil kerja nyata semua stakeholder terkait," ucapnya.

Kepala BPS Kabupaten Musi Banyuasin, Trio Wira Dharma, SST MM mengatakan kegiatan visitasi ini untuk memastikan bahwa dokumen yang telah disampaikan ke tim penilai sesuai dengan laporan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: