Visitasi EPSS Kominfo Muba: Menuju Predikat Baik IPS dengan Penguatan Data Statistik

Visitasi EPSS Kominfo Muba: Menuju Predikat Baik IPS dengan Penguatan Data Statistik

Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan upaya untuk mengevaluasi dan memperbaiki penyelenggaraan statistik sektoral di Indonesia.--

"Juga sekaligus penambahan bukti dukung penilaian EPSS," tuturnya.

Sementara itu, Tim EPSS dari Ogan Ilir, Fahria SST MSi menjelaskan tujuan dari EPSS ini adalah Mengukur capaian kinerja penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan data statistik sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, mendapatkan satu ukuran terpenuhinya prasyarat penyelenggaraan SDI dan statistik serta digunakan untuk menyusun strategi pembinaan data statistik oleh BPS pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. 

BACA JUGA:Jalan Poros Talang Cempedak dan Exit Tol di Jejawi OKI Rawan Begal, Polsek Gencar Patroli

BACA JUGA:Dishub Palembang 'Ditantang' Warganet, Minta Tindak Kendaraan yang Parkir Sembarangan di Jalan Merdeka

"Salah satu proses dalam EPSS ini adalah penjaminan kualitas, dimana setelah Tim Penilai Intern melakukan penilaian mandiri, kemudian dilanjutan dengan penilaian oleh Tim penilai Badan, maka hasil dari penilaian badan tersebut akan di periksa silang oleh tim penilai badan dari kabupaten lain sebagai bentuk penjaminan kualitas yang nantinya akan menghasilkan rekomendasi," urainya.

Bertempat di Ruang Media Center Dinas Kominfo Kab Muba, Evaluasi ini di hadiri langsung Kepala BPS Kabupaten Musi Banyuasin . Trio Wira Dharma, S.ST., M.M dan Tim EPSS dari Ogan Ilir Fahria, S.ST., M.Si. beserta tim, Kabid Statistik Diskominfo Kabupaten Musi Banyuasin  Dela Novita, ST dan 2 Lokus dari Dinas Ketahanan Pangan fungsional perencana Yana Ferawati, ST dan Dinas Perhubungan Kabid Keselamatan BPK Ardiyan Ihwan, SH terpilih  menjadi peserta penilaian  Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024. 

Diketahui, yang mana hasil dari EPSS ini yaitu Indek Pembangunan Statistik (IPS). Persiapan Pemerintahan Daerah Kabupaten Muba yang mana dalam membentuk Tim, Struktur Tim, Tugas dan Fungsi Tim yang mana data yang diperoleh dengan cara Pengumpulan, Pengolahan, pemyajianya, dan analisi serta sebagai sistem yang mengatur keterkaitan antar unsur dalam penyelenggaraan Statistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: