Pertama di Dunia, Bukit Asam dan BRIN Kembangkan Batu Bara untuk Bahan Baku Baterai Li-ion

Pertama di Dunia, Bukit Asam dan BRIN Kembangkan Batu Bara untuk Bahan Baku Baterai Li-ion

peluncuran perdana (soft launching) pilot project dari Artificial Graphite dan Anode Sheet di Kawasan Industri Tanjung Enim--

"Implementasi Anode Sheet berbahan baku batu bara ini merupakan yang pertama di dunia, sehingga dapat menjadi salah satu terobosan penting dalam hilirisasi batu bara. Pengembangan batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet juga akan mendukung kemajuan industri kendaraan listrik di dalam negeri," sambungnya.

Kebutuhan Artificial Graphite dan Anode Sheet akan semakin meningkat di masa mendatang, seiring dengan pertumbuhan industri kendaraan listrik.

BACA JUGA:Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PTBA Ajak Masyarakat Bersih-bersih Sungai Enim

BACA JUGA:Berbagi Berkah Idul Adha, PTBA Salurkan 150 Sapi dan 65 Kambing Kurban

Tak hanya untuk industri kendaraan listrik, Artificial Graphite dan Anode Sheet juga dibutuhkan industri-industri lain seperti industri penyimpanan energi, elektronik hingga peralatan medis.

Hilirisasi tersebut sejalan dengan visi PTBA menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan, serta mendukung pencapaian target Net Zero Emission (karbon netral) pada 2060 atau sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama, Mulyadi Sinung Harjono menyampaikan harapannya agar pilot project konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet dapat membawa manfaat untuk memperkuat posisi Indonesia dalam industri bahan baku strategis.

"Kami berharap kerja sama dengan PTBA terus berlanjut, menghasilkan penelitian yang bermanfaat, serta pilot project konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet ini berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan," ucapnya.

BACA JUGA:UMK Binaan PTBA Semarakkan Pekan Raya Lampung, Dorong Perekonomian Lokal dan Promosikan Produk Unggulan

BACA JUGA:Tanam Mangrove, Masyarakat Desa Sidodadi Bersama PTBA Menanam Kebaikan: Lestarikan Alam, Membangun Masa Depan

Bagi yang belum paham, berikut ini terkait konversi Batu Bara menjadi Artificial Graphite dan Anoda Sheet.

Konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet dilakukan melalui beberapa tahapan.

Tahapan pertama yaitu proses karbonisasi batu bara menjadi batu bara semikokas atau Coalite. 

Kemudian Coalite dihaluskan menjadi serbuk, lalu melalui proses perendaman, pemanasan, pencucian, pengeringan dan penghalusan hingga menjadi Artificial Graphite yang merupakan bahan utama Anode Sheet.

BACA JUGA:Dukung Pariwisata Borobudur, Bukit Asam (PTBA) Rehabilitasi DAS di Bukit Menoreh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: