Pj Gubernur Sumsel Tinjau Pembangunan Proyek Strategis Nasional Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati

Pj Gubernur Sumsel Tinjau Pembangunan Proyek Strategis Nasional Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati

Pj Gubernur Elen Setiadi melakukan peninjauan pembangunan Proyek Strategis Nasional Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati di Keramasan--

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi didampingi oleh Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI) Rudi Ass Aturridha, melakukan peninjauan pembangunan Proyek Strategis Nasional Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati di Keramasan, Kecamatan Kertapati, pada Sabtu 13 Juli 2024.

Proyek Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati ini termasuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang diprioritaskan untuk mendukung mobilitas pengangkutan batubara di wilayah Provinsi Sumsel. 


Peninjauan pembangunan Proyek Strategis Nasional Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati di Keramasan--

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel akan mensupport penuh penyelesaian  pembangunan Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati, mengingat proyek ini merupakan Proyek Strategis Nasional dalam mendukung pasokan energi nasional Jawa, Bali dan Sumatera.

Usai meninjau langsung dan mendapat informasi dari Direktur KAI dan dari PT Kereta Api Logistik (Kalog), Elen mengungkapkan memang dalam proses pembangunan terdapat kendala di lapangan, namun pihaknya akan menyelesaikan dan paling lambat akhir bulan ini sudah selesai. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Hadiri Rakernas Kebijakan Satu Peta 2024

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Simak Pengarahan Presiden Jokowi Pada Kegiatan Penyampaian LHP LKPP dan IHPS II TA 2023

“Ini kan proyek strategis nasional kewajiban kita pemerintah daerah untuk menyelesaikan segera, tadi dari dir kai sudah menyampaikan perkembangan pekerjaan, termasuk kendala yang dihadapi dan akan diselesaikan akhir bulan ini,” kata Elen Setiadi.

Elen menuturkan, proyek kereta api logistik ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumsel, terutama berkaitan dengan keberlanjutan pertambangan batubara di Provinsi Sumsel.

Dimana, Infrastruktur kereta api adalah bagian penting dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

“Ini akan berdampak pada menambahnya kapasitas angkutan batubara, ada Multiplier effect, jadi kita akan kejar multiplier efeknya,”tuturnya. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Hadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Masyarakat Sumsel di Jakarta

BACA JUGA:Belum Tahu Detail Permasalahan Carut Marutnya PPDB SMA, PJ Gubernur Sumsel: Tunggu Laporan Disdik

Untuk memastikan kereta api ini tidak mengganggu lalu lintas di perlintasan sebidang, lebih jauh Elen mengungkapkan, pihaknya bersama PT KAI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, telah menyelesikan tiga flyover, dan akan segera dilanjutkan lagi untuk penyelesaian jembatan berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: