66.611 Jemaah Haji dari 169 Kloter di Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

66.611 Jemaah Haji dari 169 Kloter di Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

Fase Pemulangan 66 Ribu Lebih Jemaah Haji Tiba di Tanah Air--

SUMEKS.CO - Memasuki fase pemulangan jemaah haji Indonesia, lebih dari 66.611 jemaah haji dan petugas yang tergabung dalam 169 Kelompok terbang (kloter) sudah tiba di Tanah Air per 30 Juni 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda menyampaikan, fase pemulangan jemaah haji Indonesia harus tetap mendapatkan pelayanan terbaik, termasuk memastikan kebersihan lingkungan dan kualitas makanan jemaah haji.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melalui tim Sanitasi dan Food Security Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di tempat katering dan pemondokan.


Memasuki fase pemulangan lebih dari 66.611 jemaah haji dan petugas yang tergabung dalam 169 Kloter--

BACA JUGA:Keponakan Istri Otak Pelaku Pembunuhan Pegawai Koperasi Jadi Target Polisi, Perannya Sadis!

BACA JUGA:Soal Pungutan Uang Kepada Wali Murid, Ini Pernyataan Tegas DPRD Kepada Disdik Banyuasin

"Tim ini berupaya mencegah penyakit yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Inspeksi yang dilaksanakan meliputi pengamatan dan pemeriksaan langsung terhadap berbagai aspek lingkungan, seperti standar suhu, kualitas udara, pencahayaan ruangan, kebersihan lingkungan, dan pengolahan limbah," kata Widi.

Widi juga menyamakan berupa pengamatan dan pemeriksaan langsung terhadap aspek lingkungan katering dan pemondokan jemaah haji. 

Untuk menjamin keamanan makanan para jemaah sebelum dikonsumsi, dilakukan pemeriksaan sampel makanan secara organoleptik.

"Pemeriksaan ini meliputi pengujian rasa, bau, tekstur, dan warna makanan. Uji organoleptik ini bertujuan mendeteksi adanya risiko kerusakan makanan sedini mungkin, sehingga dapat dicegah sebelum dikonsumsi oleh jemaah haji," jelasnya.

BACA JUGA:Breaking News! Mawardi Yahya Tampil Sehat dan Siap Tempur jadi Cagub Sumatera Selatan

BACA JUGA:Laga Reuni Legends Sriwijaya FC Berakhir 2-2, Hingga Dilanjutkan Babak Penalti

"Pemeriksaan ini dilakukan terhadap semua sampel makanan, baik menu reguler maupun menu lansia, yang dikirimkan oleh katering ke KKHI pada setiap waktu makan (pagi, siang, malam)," sambung Widi.

Untuk kegiatan sanitasi, Widi menjelaskan, tim melaksanakan kegiatan sanitasi melalui inspeksi dan intervensi kesehatan lingkungan di KKHI, katering, dan hotel/pemondokan jemaah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: