Selamat Hari Bhayangkara ke-78, Ini Sederet Prestasi dan Keberhasilan Jajaran Polda Sumsel

Selamat Hari Bhayangkara ke-78, Ini Sederet Prestasi dan Keberhasilan Jajaran Polda Sumsel

Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 Polda Sumsel dimeriahkan dengan marching band Akira Wirabakti.-Foto: edho/sumeks.co -

 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2024. Berikut sederet prestasi dan keberhasilan dalam hal menjaga situasi Kamtibmas dan Ipoleksosbudhankam di wilayah Sumsel ditorehkan oleh jajaran Polda Sumsel di bawah pimpinan Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK dan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain dalam waktu setahun terakhir.

Di antaranya dalam hal penanganan terhadap Illegal Drilling dan Illegal Refinery yang sedari awal menginjakkan kakinya di Bumi Sriwijaya mendapatkan perhatian dari Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jambi ini.

“Selagi belum ada ketetapan terhadap legalisasi sumur-sumur minyak ilegal Polda Sumsel beserta jajaran akan tetap melaksanakan upaya penegakan hukum terhadap praktik minyak ilegal. Serta akan terus menangkap dan menindak terhadap gudang dan refinery ilegal, kita juga akan menindak yang di hulunya,” tegas Irjen Rachmad usai rapat koordinasi terkait penanganan illegal drilling dan illegal refinery bersama pemangku kepentingan di lantai tujuh Gedung Utama Presisi Polda Sumsel pada 15 Mei 2024 lalu.

Ini dibuktikan dengan terus dilakukannya penertiban dan pembongkaran terhadap gudang tempat penampungan minyak illegal di sejumlah daerah serta pembongkaran puluhan tempat memasak minyak illegal (illegal refinery) yang ada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). 

BACA JUGA:Sambut HUT Bhayangkara Ke-78, Lapas Narkotika Muara Beliti Semarakkan Jalan Sehat dan Senam Bersama

BACA JUGA:Polda Sumsel Ikuti Doa Bersama Lintas Agama Jelang Peringatan HUT Bhayangkara ke-78

Selain itu, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto juga meresmikan pemanfaatan sumur bor dan bedah rumah bagi warga kurang mampu yang ada di wilayah Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Upaya untuk mengatasi permasalahan sosial seperti tindak tawuran remaja dan aksi balap liar yang marak terjadi juga tak luput dari perhatian Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Selain menginstruksikan jajarannya untuk menindak tegas para pelaku tawuran, jenderal dua ini ternyata memiliki empati kepada pelaku tawuran yang rata-rata di dominasi oleh anak muda dan anak usia sekolah.

Ini dibuktikan dengan berkunjung langsung ke Panti Rehabilitasi Anak Bermasalah dengan Hukum (ABH) yang ada di Indralaya, OI, orang nomor satu di lingkungan Polda Sumsel ini mencoba melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan para penghuni panti.

BACA JUGA:Polres Ogan Ilir Gelar Jalan Sehat dan Senam Bersama diikuti Forkopimda, Meriahkan HUT Bhayangkara ke-78

BACA JUGA:Jelang HUT Bhayangkara ke-78, PT Arwana Citramulia Bantu 10.000 Meter Persegi Keramik ke Polda Sumsel

“Adik-adik sekalian jangan lagi melakukan tindakan melawan hukum, ya” begitu pesan yang menyentuh Kapolda kepada para ABH kala itu.  

Tindakan penegakan hukum yang dilakukan secara persuasif ini dilaksanakan oleh timsus Illegal Drilling dan Illegal Refinery Ditreskrimsus Polda Sumsel dipimpin Dirreskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol Bagus Suro Pratomo,SIK dan Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Bagus Suryo Wibowo.

Tak hal itu, Polda Sumsel melalui Ditresnarkoba Polda Sumsel yang dipimpin Wadirresnarkoba Polda Sumsel yang juga sebagai Ketua Timsus Dirresnarkoba Polda Sumsel, AKBP Harissandi,SIK yang  beberapa waktu lalu juga berhasil menggagalkan upaya peredaran gelap narkoba dengan Barang Bukti (BB) terbesar sepanjang tahun 2024 ini. 

Yakni untuk bubuk putih mengandung Amphetamine (Sabu) berhasil diamankan sebanyak 111,6 kilogram dan 134.195 butir pil methampetamin (ekstasi), dalam penyergapan yang berlangsung di dua lokasi yakni Jalintim Palembang-Banyuasin dan Gandus Kota Palembang ini turut pula diamankan sebanyak tiga orang kurir narkoba.

BACA JUGA:Dihadiri Bupati Bersama Forkopimda, Begini Meriahnya HUT Bhayangkara ke 78 di Polres OKU Timur

BACA JUGA:Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78, Polres Muara Enim Gelar Pertandingan Gaplek

Ini di klaim sebagai penangkapan narkoba terbesar di lingkup Polda Sumsel.

Pada pengamanan perhelatan pesta demokrasi Pileg dan Pilres 2024 lalu, Polda Sumsel beserta jajaran Polres dan Polrestabes dalam operasi bertajuk Mantab Brata 2024 juga sukses menjadikan situasi selama tahapan Pemilu berjalan sesuai harapan.

Selain itu, yang cukup menarik perhatian adalah pengamanan jalur mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini yang sempat terjadi kemacetan parah di Jalintim Palembang-Banyuasin yang membuat orang nomor satu Polda Sumsel yakni Kapolda Irjen Pol A Rachmad Wibowo turun langsung mengatur arus lalu lintas. 

Dengan mengendarai sepeda motor gedenya, Irjen Rachmad tanpa sungkan turun langsung mengatur sekaligus mengurai titik kemacetan di jalintim terutama akibat terjadinya penumpukan arus kendaraan bertonase berat.

BACA JUGA:HUT Bhayangkara ke-78, 2 RTLH Warga Ogan Ilir Diperbaiki, Wabup & Wakapolres Duet Letakkan Batu Pertama

BACA JUGA:Meriahkan HUT Bhayangkara ke-78, Polres Ogan Ilir Gelar Sunatan Massal dan Pemeriksaan Kesehatan

Tak ayal, aksi heroik sang jenderal nyentrik alumni Akpol 1993 yang mengatur arus lalu lintas sekaligus mengurai titik kemacetan di jalur mudik itupun menuai apresiasi dari berbagai pihak dan viral di sejumlah platform media sosial (medsos).

Jajaran Polda Sumsel di tahun 2023 silam juga fokus pada upaya penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), seperti saat kunjungan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain yang langsung ke lokasi karhutla di lokasi perkebunan milik PT Rambang Agro Jaya (RAJ) di Kayuagung,OKI. 

Selain di bidang penegakan hukum, Polda Sumsel juga melakukan upaya pembedayaan sosial kemasyaratan dengan melaksanakan serangkaian kegiatan bakti sosial seperti kegiatan bertajuk Bakti Kesehatan dan Bakti Sosial Polri Presisi untuk Negeri yang digelar pada 9 November 2023 lalu di Dinning Hall Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) yang dihadiri langsung oleh Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto.

Pembagian tajil yang dilaksanakan di sejumlah titik di Kota Palembang ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Sumsel, Ny Evi Rachmad Wibowo yang didampingi pengurus PD Bhayangkari Sumsel lain seperti Ny Monica Zulkarnain dan Ny Agnis Feri. 

BACA JUGA:HUT Bhayangkara ke-78, Polres Muara Enim Beri Rumah Layak untuk Warga Desa Harapan Jaya

BACA JUGA:HUT Bhayangkara ke-78, Kapolres & Wakapolres Ogan Ilir Serahkan Sembako Gratis untuk Petugas Kebersihan

Selain itu, kurun satu tahun terakhir buah dari pelaksanaan tugasnya Polda Sumsel dibanjiri berbagai macam penghargaan baik dari internal institusi Polri maupun eksternal. Diantaranya menyabet penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), tak hanya satu tapi memborong lima penghargaan sekaligus.

Salah satunya penghargaan yang diserahkan oleh Founder of MURI, Jaya Suprana kepada Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Sunarto,SIK,MM ini  buah dari inovasi dan kreativitas Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang mengisiasi pembuatan aplikasi bantuan polisi. Dengan pencapaian penanganan pengaduan terbanyak yakni sebanyak 25.297 pengaduan melalui aplikasi WA berbasis API.

Penghargaan juga didapatkan Polda Sumsel yang menempati peringkat kedua nasional untuk Program Quick Win Presisi tahun 2023 dengan raihan indeks 3.392, penghargaan diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo di Aula Rupatama Mabes Polri Jakarta pada 27 Desember 2023.

Sementara itu serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78 1 Juli 2024 ini, diantaranya dengan melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang pada 24 Juni 2024 yang lalu. Ziarah dilanjutkan debgan uoacara dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo dan Wakapolda Brigjen Pol M Zulkarnain.

BACA JUGA:Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polsek SP Padang Bersih-Bersih Tempat Ibadah

BACA JUGA:Jelang Peringatan HUT Bhayangkara ke-78, Rumah Warga Cahya Mas Mesuji OKI Dibedah

Selain itu, ada juga acara bakti sosial bedah rumah salah seorang warga bernama Abdul Hamid di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Kota Palembang, program bedah rumah ini dengan menggandeng DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumsel.

Masih dalam rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78 juga digelar kegiatan Bazar UMKM dan Kontes Mobil Klasik (tua) di halaman DPRD Provinsi Sumsel pada 28-29 Juni 2024.

“Tujuan kegiatan ini memberikan motivasi dan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produknya ke masyarakat sekaligus membantu meningkatkan taraf perekonomian para pelaku UMKM,” jelas Ketua Pelaksana Kegiatan Bazar dan Kontes Mobil Klasik dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 Kombes Pol Iskandar F Sutisna yang juga sebagai Direktur Intelkam Polda Sumsel.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: