Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Hadiri Peresmian Operasional Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gre

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Hadiri Peresmian Operasional Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus  JIIPE Gre

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi hadiri Peresmian Operasionalisasi Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) dampingi Menko Airlangga Hartarto--

Bersamaan dengan smelter yang dioperasikan juga PT Smelting, yang akan memurnikan 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun dengan produksi sekitar 1 juta ton katoda tembaga, 50 ton emas, dan 200 ton perak per tahun. 

“Dengan beroperasinya smelter ini, seluruh konsentrat tembaga yang diproduksi oleh PTFI dapat semuanya diproses dan dimurnikan di dalam negeri, demikian juga lumpur anoda dari PT Smelting,” paparnya.

Kehadiran PTFI di KEK Gresik diharapkan dapat menjadi salah daya tarik  p dalam membentuk kawasan dengan ekosistem yang mendukung hilirisasi, khususnya EV. 

BACA JUGA:Silaturahmi dengan Pangdam II/Sriwijaya, Pj Gubernur Elen Bahas Upaya Antisipasi-Penangananan Karhutla Sumsel

BACA JUGA:Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik Elen Setiadi jadi Pj Gubernur Sumsel Demi Percepatan Ekonomi

“Hingga Maret 2024, KEK Gresik telah mencatatkan nilai investasi sebesar Rp75,2 triliun dan menyerap lebih dari 35.000 orang tenaga kerja,” paparnya.

Sementara Presiden Direktur PTFI Tony Wenas Mengatakan smelter di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), merupakan smelter  tembaga single line terbesar di dunia, dengan  kapasitas produksi hingga 1,7 juta ton konsentrat tembaga dengan nilai investasi  mencapai Rp 58 triliun atau US$ 3,7 miliar. 

“Smelter akan memproduksi katoda tembaga diperkirakan mulai sekitar Agustus 2024 atau 6-10 minggu pasca pengoperasian,” tandasnya. 

Turut hadir  kesempatan itu Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Deputi V Kemenko Perekonomian Ali Murtopo Simbolon, Plt Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Suswantono, Anggota DPR RI, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto.

BACA JUGA:Berikut Rekam Jejak Elen Setiadi Bakal Pj Gubernur Sumsel, Punya Segudang Pengalaman di Bidang Ekonomi, LHKPN?

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Jalin Kerjasama dengan Vietnam Perkuat Sistem Penyediaan Air Minum

Selain itu ada juga Pj Sekdaprov Jawa Timur Bobby Soemiarsono, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Sedangkan Pj Gubernur Elen Setiadi didampingi Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda  Sumsel Basyaruddin Akhmad dan Kepala Bappeda Sumsel Regina Ariyanti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: