Petugas Haji Fasilitasi Tanazul Prioritas Lansia dan Risti, Pulang Lebih Cepat dari Jadwal Demi Ibadah Nyaman

Petugas Haji Fasilitasi Tanazul Prioritas Lansia dan Risti, Pulang Lebih Cepat dari Jadwal Demi Ibadah Nyaman

Petugas haji fasilitasi Tanazul khusus jamaah lansia dan risti. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sejumlah jamaah haji yang telah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Arab Saudi mulai pulang ke tanah air masing-masing. Termasuk jamaah haji asal Indonesia. 

Terkait pemulangan jamaah haji ini, rupanya Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saaudi memberikan kesempatan kepada jamaah untuk melakukan tanazul atau pengajuan pulang lebih cepat dari jadwal yang seharusnya. 

Termasuk juga pengunduran waktu pulang yang seharusnya mungkin lebih awal. Khususnya jamaah haji lanjut usia (Lansia) dan risiko tinggi (Risti). 

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, untuk program tanazul ini, PPIH memberikan prioritas kepada jamaah lansia, terutama jemaah lansia risiko tinggi sehingga untuk dapat pulang ke Tanah Air lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

BACA JUGA:Jelang Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Indonesia Diminta Bersiap dan Jaga Kesehatan dari Cuaca Panas Mekkah

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Siapkan Pelayanan Keimigrasian untuk Kepulangan Haji

Diungkapkan Widi, ada dua cara pengajuan Tanazul. Yakni pertama, PPIH kloter atau PPIH Arab Saudi bisa menyampaikan beberapa nama jamaah haji yang akan ditanazulkan.

"Hal ini tetap berdasarkan informasi dari tenaga kesehatan bahwa jemamaah dimaksud harus dipulangkan sesegera mungkin oleh karena kondisi kesehatan yang butuh penanganan intensif di Tanah Air," terang Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Senin 24 Juni 2024.

Kemudian cara pengajuan kedua, dijelaskan Widi, adalah jamaah haji bisa mengajukan secara tertulis kepada bagian pemulangan di PPIH Daker Makkah maupuh Madinah dengan mencantumkan alasan tanazulnya. 

Selanjutnya, masih kata Widi, PPIH akan memverifikasi alasan yang diajukan, apakah cukup dijadikan sebagai dasar jamaah dimaksud dapat ditanazulkan atau tidaknya. 

BACA JUGA:6 Bandara Ini Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji, Cek Jadwalnya Disini

BACA JUGA:Penting! Jemaah Haji Jangan Lupa Tawaf Wada Sebelum Pulang Sesuai Jadwal

Untuk diketahui, seiring cuaca Makkah yang cukup panas, PPIH mengimbau jamaah haji untuk ibadah dan salat fardlu di masjid-masjid yang ada di hotel atau sekitar hotel.

Lalu, sambungnya, bagi jamaah yang akan kembali ke Tanah Air agar dapat bersiap sebaik mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: