1.200 Ekor Kambing dan 800 Ekor Sapi Bakal Dikurbankan di Kota Lubuklinggau

1.200 Ekor Kambing dan 800 Ekor Sapi Bakal Dikurbankan di Kota Lubuklinggau

Petugas Dinas Pertanian Bidang Kesehatan Hewan Lubuklinggau, melakukan servei dan pengecekan kesehatan hewan kurban.-Foto: dokumen/sumeks.co-

LUBUKLINGGAU, SUMEKS.CO - Selama lima hari terakhir petugas Dinas Pertanian bidang Kesehatan Hewan LUBUKLINGGAU, melakukan servei dan pengecekan kesehatan hewan kurban.

Langkah itu dilakukan untuk antisipasi terhadap virus menular hewan kaki empat yang sering beredar saat pelaksaan hari raya kurban.

Virus jemberana, penyakit kaki dan mulut, dan virus hewan mati mendadak yang belum diketahui, menjadi atensi Pemkot kota Lubuklinggau, jelang perayaan hari raya kurban 2024.

Drh Isvan Randi petugas Dinas Pertanian bidang Kesehatan Hewan Lubuklinggau, yang sempat dibincangi Minggu 16 Juni 2024 mengungkapkan masyarakat kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan diimbau untuk tindak mencuci atau membuang limbah jeroan daging kurban ke aliran sungai. 

BACA JUGA:Sapi Kurban di Palembang Lepas, Sempat Jadi Tontonan Pengendara yang Melintas

BACA JUGA:Heboh Sapi Kurban di Jawa Tengah Naik Pajero, Warganet Dibuat Geleng-Geleng Kepala

Langkah itu sebagai bentuk antisipasi, penularan virus yang sering menjadi penyakit menular hewan kaki empat.

"Takutnya jika ada hewan potong ini sakit, tidak terlihat gejalanya, nanti bisa menular terhadap ternak-ternak yang minum air sungai dari situ," kata Isvan Randi.

Sejauh pemantauan yang mereka lakukan di beberapa lokasi pemotongan dan lokasi jual beli hewan kurban. Belum terpantau adanya hewan kurban yang alami gejala tidak sehat.

Meskipun begitu, namun pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan menjadi konsumen yang cerdas. Sejumlah hewan kurban yang lolos pemeriksaan kesehatan diberi penandaan di bagian telinga.

BACA JUGA:Pemkab OKI Tebar Kebahagiaan Idul Adha, 3 Ekor Sapi Kurban Dibagikan ke 3 Masjid di Ogan Komering Ilir

BACA JUGA:Ngaku Sapi Kurban Ditolak, Ketua RT Bongkar Dewi Perssik Belum Pernah Kurban Dilingkungannya

"Hewan yang sudah kami periksa, ada tanda telinga-telingannya dan diberi vaksin. Sudah dicek kesehatan maupun dari MUI sudah memperbolehkan untuk menjadi hewan kurban karena tidak cacat," jelasnya.

Khusus di Lubuklinggau, diperkirakan untuk Iduladha 2024 ini, dibutuhkan 800 ekor sapi dan 1.200 ekor kambing untuk hewan kurban. Seperti yang diungkap ketua masjid Agung kota Lubuklinggau, Lutfi.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: