Jemaah Majelis Pecinta Quran di Maskerebet Palembang Gelar Salat Iduladha 1445 Hijriah Lebih Dulu

Jemaah Majelis Pecinta Quran di Maskerebet Palembang Gelar Salat Iduladha 1445 Hijriah Lebih Dulu

Berbeda dengan Pemerintah Indonesia, Majelis Pecinta Qur'an Laksanakan Shalat Ied Idul Adha Hari Ini--Dok:SUMEKS.CO

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ratusan jemaah yang tergabung dalam Majelis Pecinta Quran (MPQ) melaksanakan salat Iduladha 1445 Hijriah lebih dulu atau lebih cepat dari pemerintah Indonesia, pada hari ini Minggu, 16 Juni 2024.

Berbeda dengan ormas Islam lainnya seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang melaksanakan salat Iduladha pada besok Senin, 17 Juni 2024.

Berdasarkan pantauan SUMEKS.CO jemaah Majelis Pecinta Quran secara khusuk melaksanakan salat ied di lapangan rumah warga di kawasan Maskarebet di Jalan Drs H Dahlan, Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang.

Salah satu Anggota Majelis Pecinta Quran, Andri menyebutkan jika pihaknya mengikuti penetapan dari Pemerintha Arab Saudi. Menurutnya, keputusan tersebut bukan karena masalah pilihan.

BACA JUGA:Puncak Haji, Hari Ini Seluruh Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah

BACA JUGA:Serba-Serbi Idul Adha 2024, Mulai Dari Tradisi Kurban di Beberapa Negara Hingga Tips Iduladha Bermakna


Suasana shalat ied jemaah Majelis Pecinta Quran--Dok:SUMEKS.CO

Perbedaan merupakan hal yang biasa, namun penetapan hari raya itu hak dari Amir Mekkah, oleh karena kita mengikuti apa yang sudah ditetapkan di Mekkah,” kata Andri kepada SUMEKS.CO

Menyangkut perbedaan jadwal dengan pemerintah Indonesia Andri menjelaskan, Majelis Pecinta Quran tetap berpedoman berdasarkan keputusan dari Amir Mekkah.

“Tentunya kita berpedoman dari keputusan Amir Mekkah, jika pun mengalami perbedaan wallahu alam mungkin ada pertimbangan lain yang seharusnya itu tidak harus terjadi,” sambungnya.

Andri juga menyampaikan, alasan mengapa mengalami perbedaan pelaksaan salat ied, hal ini lantaran umat Islam tidak memiliki sosok Khalifah.

BACA JUGA:Ini Sederet Capaian Kinerja dan Penghargaan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Selama Menjabat

BACA JUGA:Pj Walikota Ratu Dewa Santuni Ratusan Wali Murid di Kertapati, Serahkan Bantuan Sembako

“Hari ini mengapa kita berbeda pelaksaan shalat ied, karena kita pada hari ini belum ada sosok khalifah, seandainya kita punya khalifah maka khalifah yang tinggal menentukan bahwa 10 Dzulhijjah itu bertepatan Iduladha,” ujar Andri sekaligus hhotib shalat ied.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: