Di Bawah Langit Arafah, Jutaan Jemaah Haji Bermunajat Berderai Air Mata, Berikut Isi Khutbah Wukufnya

Di Bawah Langit Arafah, Jutaan Jemaah Haji Bermunajat Berderai Air Mata, Berikut Isi Khutbah Wukufnya

Di Bawah Langit Arafah, Jutaan Jemaah Haji Bermunajat Berderai Air Mata, Berikut Isi Khutbah Wukufnya--

ARAFAH-sumeks.co, Jutaan jemaah haji dari seluruh dunia, termasuk 553 kloter jemaah haji Indonesia, telah selesai melakukan wukuf di Arafah, rukun haj, pada 9 Zulhijah 2024 atau 15 Juni 2024. 

Pada momen sakral tersebut, jemaah haji mengalami puncak ibadah dengan berwukuf di Arafah, sebuah prosesi yang menguatkan statusnya sebagai hamba dan tamu Allah.

Menurut pantauan langsung dan siaran langsung via YouTube Kementerian Agama, youtube Arrahman, terlihat suasana haru menyelimuti jutaan jemaah di dataran Arafah. Bacan talbiyah menggema dari jutaan umat ini, di bawah langit yang terik.

BACA JUGA:Live Youtube dari Puncak Haji Wukuf di Arafah, Segini Jumlah Jemaah yang Wafat

BACA JUGA:553 Kloter Jemaah Haji Indonesia Tiba di Arafah, Kemenag: Sesuai dengan Jadwal

Jemaah dari berbagai negara dan kloter terlihat khusyuk berdoa dan meneteskan air mata, sebuah ekspresi mendalam dari rasa syukur dan permohonan ampunan kepada Yang Maha Kuasa. 

Emosi jemaah semakin terasa saat Habib Ali Hasan Al Bahar Lc MA, menyampaikan khutbah wukuf, yang kali ini menekankan pentingnya memandang sesama manusia dengan kemanusiaan.

Dalam khutbah wukuf, Habib Ali Hasan menegaskan bahwa Arafah adalah tempat untuk membuka mata hati, mengintrospeksi diri, dan menghargai nilai kemanusiaan yang universal. 

Habib Ali Hasan juga mengingatkan jemaah tentang pentingnya membawa serta akhlak mulia yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia, dimanapun mereka berada, sebagai perwujudan dari Rahmatan Lil Alamin.

Di padang Arafah yang luas, jemaah juga berkesempatan untuk menyambut panggilan historis yang telah dikumandangkan oleh Nabi Ibrahim AS ribuan tahun silam. 

BACA JUGA:Jutaan Calon Jemaah Haji (JCH) Bergerak Menuju Arafah, Tercatat 112 Jemaah Meninggal Dunia

BACA JUGA:Berikut Waktu Puasa Arafah, Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaan Bagi Umat Islam yang Menjalankan!

Momen ini menjadi ajang refleksi spiritual yang mendalam bagi setiap jemaah, menunjukkan dedikasi mereka dalam menghadap kepada Allah.

Selain itu, Habib Hasan tak lupa mendoakan rakyat Gaza, Palestina, agar diberikan kekuatan dan kemerdekaan. Doa juga dipanjatkan untuk keberkahan bagi bangsa Indonesia dan agar semua jemaah haji diberi haji yang mabrur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: