Aksi Nyata! Kilang Pertamina Plaju Mewujudkan Ekosistem Berkelanjutan dengan Cara Pembenihan Ikan Belida

Aksi Nyata! Kilang Pertamina Plaju Mewujudkan Ekosistem Berkelanjutan dengan Cara Pembenihan Ikan Belida

Aksi Nyata! Kilang Pertamina Plaju Mewujudkan Ekosistem Berkelanjutan dengan Cara Pembenihan Ikan Belida--

Sebagai satu-satunya perusahaan di Sumatera Selatan yang melakukan kegiatan riset dan konservasi Belida Chitala Lopis. Kilang Pertamina Plaju berkomitmen peningkatan populasi Ikan Belida agar terus lestari hingga masa mendatang.

“Kami ingin Ikan Belida tetap menjadi ikon Sumsel di masa yang akan datang, tak hanya menjadi legenda yang hanya diceritakan. Ikan Belida harus terus dilestari hingga anak cucu kita juga mengenalnya,”  tegasnya.

Pada tahun 2023, program riset konserasi sudah berhasil merescue Ikan Belida dari Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah serta sudah teridentifikasi keragaman morfologi dan genetiknya.

BACA JUGA:Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Penguatan Tusi Pemasyarakatan di UPT OKU

BACA JUGA:Matang Persiapan Mobile Intelectual Property Clinic Kemenkumham Sumsel Koordinasi Dengan Sekda Sumsel

Kemudian di tahun 2024, program akan berfokus pada optimasi reproduksi induk Ikan Belida melalui suplementasi hormonal & ekspresi gen GH dan IGF.

Upaya riset konservasi Ikan Belida menunjukkan hasil yang signifikan. Hingga kini jumlah indukan ada 75 ekor, G1 remaja sejumlah 13 ekor, G1 benih 16 ekor (Chitala lopis), dan putak 154 ekor (Notopterus notopterus).

Kilang Pertamina Plaju bersama BRIN dan Universitas PGRI Palembang terus mendorong adanya inovasi dengan perkawinan semi-buatan dan kriokonservasi bank semen ikan Belida dan Putak.

Lewat pelestarian Belida, Kilang Pertamina Plaju turut mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yakni poin 14.

BACA JUGA:Ribuan Masyarakat Bela Palestina Getarkan Palembang, Gemah Takbir Bergemuruh di DPRD Sumsel

BACA JUGA:KAI Divre III Palembang Siapkan 75.968 Kursi untuk Libur Iduladha dan Sekolah

Poin tersebut tentang Kehidupan Bawah Air yang melibatkan kegiatan rehabilitasi ekosistem air, termasuk perlindungan sungai Musi dan pelestarian spesies ikan belida yang terancam punah.

Selain itu, Kilang Pertamina Plaju menerapkan kebijakan tata kelola yang baik dengan memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari operasinya, serta menjaga komunikasi terbuka dengan berbagai pihak.

Melalui program ini pula perusahaan juga berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar, selaras dengan SDGs dan prinsip ESG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: