Wabup Ogan Ilir Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Ajak Gen Z Jiwai Pancasila

Wabup Ogan Ilir Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Ajak Gen Z Jiwai Pancasila

Wabup Ogan Ilir, Ardani, pimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Lapangan KPT Tanjung Senai Indralaya, Sabtu, 1 Juni 2024.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, yang dipusatkan di Lapangan KPT Tanjung Senai Indralaya, Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam upacara ini, juga dihadiri oleh Kapolres Ogan Ilir, Dandim 0402 OKI-OI, Perwakilan PN Kayuagung, Sekda Ogan Ilir, Kepala Kemenag Ogan Ilir, Kepala Perangkat Daerah Pemkab Ogan Ilir, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wabup Ogan Ilir menyampaikan terkait pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila yang ditetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila.

Maka, setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Pada hari ini, tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK)," paparnya. 

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Buka O2SN Jenjang SD dan SMP Tingkat Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2024

BACA JUGA:Harlah ke-6 Ponpes Modern Albasya Hadirkan KH Said Aqil Siradj, Wabup Ogan Ilir Sampaikan Apresiasi

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini, mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan masyarakat Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Wabup Ardani mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Terutama bagi para generasi milenial, harus bisa menjiwai Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari," ungkapnya. 

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan masyarakat Indonesia dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. 

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," lanjutnya. 

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Serahkan Rumah Nike Ardila Setelah Selesai Dibedah oleh Baznas Ogan Ilir

BACA JUGA:Banjir di Kecamatan Muara Kuang, Wabup Ogan Ilir Pastikan Pasokan Makanan Warga Tak Terganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: