Karo Rena Polda Sumsel Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Sampaikan Amanat Ini

Karo Rena Polda Sumsel Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Sampaikan Amanat Ini

Karo Rena Polda Sumsel Kombes Pol Toto Wibowo SH MH selaku Inspektur Upacara membacakan amanat.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.COPolda Sumsel melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sabtu 1 Juni 2024.

Upacara yang diikuti Pejabat Utama, Pamen, Pama, Bintara gabungan satuan fungsi, serta ASN Polri Satker Polda Sumsel di Lapangan Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel.

Karo Rena Polda Sumsel Kombes Pol Toto Wibowo SH MH selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembina Idiologi Pancasila Republik Indonesia.

“Hari ini tanggal 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila. Hari Ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya Pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI),” tutur mantan Koorspripim Polda Sumsel ini.

BACA JUGA:Momen Hari Lahir Pancasila: Bupati OKU Timur Ajak Masyarakat Gotong Royong Amalkan Nilai Pancasila

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Lanjut Karorena, Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni tahun 2024 mengambil tema “Pancasila jiwa Pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045”.

Dimana tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju mandiri dan berdaulat.


olda Sumsel melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sabtu 1 Juni 2024.-Foto: dokumen/sumeks.co-

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," ujar dia. 

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah ritual yang maha esa untuk bangsa Indonesia di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada merupakan berkat dan dilanjut dalam cerita nasional Bhinneka tunggal Ika,” tambah Toto.

BACA JUGA:Semangat Persatuan, Jajaran Kemenkumham Sumsel Peringati Hari Lahir Pancasila

BACA JUGA:Polres OKI Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Keberadaan pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia, didalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: