Heboh Soal Skripsi Diduga Dijiplak Oknum Mahasiswa UMP, Ternyata Ini Cara Mudah Cara Cek Plagiat

Heboh Soal Skripsi Diduga Dijiplak Oknum Mahasiswa UMP, Ternyata Ini Cara Mudah Cara Cek Plagiat

Heboh Soal Skripsi Diduga di Jiplak Oknum Mahasiswa UMP, Ternyata Ini Cara Mudah Cara Cek Plagiat--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Baru-baru ini viral di media sosial (medsos) kabar tentang dugaan plagiat skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa hukum pada Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), hingga berujung somasi.

Dari kabar yang beredar, aksi plagiat dengan sebutan lain copy paste (copas) atau penjiplakan skripsi nyatanya diklaim merupakan karya tulis milik seorang alumni mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) lulusan tahun 2021.

Menarik untuk diulas apa sih arti plagiat itu sendiri, serta bagaimana cara mengetahui karya tulis yang dibuat itu adalah hasil dari plagiat atau copas dari sumber yang lain?

Dihimpun dari berbagai sumber informasi, Jumat 31 Mei 2024 plagiat adalah pengambilan karangan, pendapat dan lain sebagainya dari atau milik orang lain.

BACA JUGA:Fakultas Hukum UMP Bentuk Tim Investigasi Usut Dugaan Plagiarisme Skripsi Oknum Mahasiswa Atas Laporan Naomi

BACA JUGA:Naomi Duga Skripsinya Diplagiat Mahasiswa Universitas Muhammadyah Palembang?

Pada dasarnya, plagiat juga merupakan penjiplakan karya orang lain dan diklaim menjadi karangan atau pendapat sendiri seperti karangan suatu karya tulis, ide tertentu dan lain sebagainya.

Dari sumber yang sama disebutkan, aksi plagiat ternyata dapat dianggap sebagai suatu tindak pidana karena dianggap telah mencuri hak cipta.

Namun, tindak pidana mencuri hak cipta yang dimaksudkan adalah tergantung konsep plagiat yang dilakukan, contohnya mencuri ide pembuatan makanan yang telah didaftarkan hak patennya di lembaga seperti Kemenkumham.

Hal itu, berbeda dengan konsep plagiat dalam suatu bentuk karya tulis, seperti pembuatan skripsi oleh mahasiswa yang baru-baru ini dialami eks mahasiswa Unsri yang mana skripsi miliknya diduga telah dijiplak oleh mahasiswa S1 UMP.

BACA JUGA:Prof Iskhaq Iskandar Bicara Plagiasi Akademisi: 'Dosen Itu Harus Berintegritas, Beretika dan Gaul'

BACA JUGA:Nekat Mencuri di Kampus UIN Raden Fatah Jakabaring, Acik Babak Belur Dimassa

Ditengah kemajuan teknologi saat ini, ternyata ada banyak loh aplikasi yang disediakan untuk cek langsung karya tulis hasil dari plagiat atau bukan.

Dalam artikel berikut ini, akan di uraikan 7 aplikasi yang wajib dimiliki dalam pekerjaan tulis menulis untuk memastikan keorisinalan hasil karya yang ditulis yang dirangkum dari berbagai sumber:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: