Kolaborasi Bersama OJK, Pemprov Sumsel Gelar Harvesting Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia

Kolaborasi Bersama OJK, Pemprov Sumsel Gelar Harvesting Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia

Harvesting Gerakan Nasional BBI BBWI yang dibuka oleh Sekda Sumsel SA Supriono--

SUMEKS.CO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersinergi menggelar Harvesting kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) di Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono di Halaman DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu 26 Mei 2024.

Gerakan BBI dan BBWI merupakan suatu wadah dalam meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta memperkenalkan sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kegiatan ini, Pemprov Sumsel melalui Dinas Koperasi dan UKM membuka pendaftaran Sertifikat Halal gratis bagi 1.000 UMKM.

BACA JUGA:OJK Dukung Kegiatan Gernas BBI/PDN dan BBWI di Sumatera Selatan Tahun 2024

BACA JUGA:Ikut Melayat, Pj Gubernur Sumsel Bersaksi Almarhumah Ibunda Tito Karnavian Adalah Orang Baik Semasa Hidupnya

“Tujuannya untuk memperkuat ekonomi syariah di Sumatera Selatan,” kata Supriono.


Tari tradisional mewarnasi kegiatan Gernas BBI BBWI --

Selain layanan sertifikasi halal, juga disediakan fasilitasi UMKM.

Di antaranya NIB, layanan pajak, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Standar Nasional Indonesia (SNI), Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) serta Akses Pembiayaan dan Asuransi Mikro oleh LJK. 

“Pemprov Sumsel juga bersinergi dengan OJK untuk melakukan Pelatihan dan Pendampingan UMKM, yang dilaksanakan secara hybrid di 17 Kabupaten/Kota. Kemudian product matching yang memfasilitasi pertemuan antara lembaga jasa keuangan dengan UMKM untuk produk pembiayaan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan UMKM. Harvesting, kegiatan expo UMKM yang dilaksanakan bersamaan dengan HUT Provinsi Sumatera Selatan,” jelasnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Terima Penghargaan Kartika Pamong Praja: Rektor IPDN: Selamat!

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Beberkan Capaian Sumsel Dalam Sesi Podcast Bersama Ayo Media Network

Tercatat pada bulan Desember tahun 2023 terdapat 2.685.063 UMKM di Provinsi Sumatera Selatan dengan modal kerja dan investasi sebesar 12.050.221 dan omzet sebesar 34.019.900 serta menyerap tenaga kerja sebanyak 3.339.179.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: