Panwascam Muara Enim Dilantik: Netralitas dan Profesionalisme Jadi Kunci Sukses Pilkada 2024

Panwascam Muara Enim Dilantik: Netralitas dan Profesionalisme Jadi Kunci Sukses Pilkada 2024

LANTIK : Pelantikan Panwascam di Ballroom Hotel Melio Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Sebanyak 66 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang baru saja dilantik akan mengemban tugas penting dalam mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. 

Pelantikan Panwascam tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Melio Jumat malam, 24 Mei 2024 untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. 

Kehadiran Pj Bupati Muara Enim, Komisioner Bawaslu Muara Enim, Ketua KPU Muara Enim, Kasat Shabara, dan tamu undangan lainnya menunjukkan dukungan dan komitmen bersama dalam memastikan Pilkada berjalan dengan lancar dan demokratis.

Dengan dilantiknya Panwascam ini, diharapkan pengawasan di tingkat kecamatan dapat berjalan optimal, sehingga potensi pelanggaran dapat diminimalisir.

BACA JUGA:Viral di Medsos, Pelaku Curanmor Beraksi Seorang Diri di Kosan Elit Jalan Trikora Palembang

BACA JUGA:Malaysia Masters 2024, Menang Heroik di Partai Semifinal, Rinov/Phita Bermain dalam Keadaan Cedera

Koordinasi antara Panwascam, Bawaslu, KPU, aparat keamanan, dan stakeholder terkait lainnya juga menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan Pilkada yang berintegritas.

Ketua Bawaslu Muara Enim, Zainuddin SP MSi, memberikan gambaran lebih detail mengenai komposisi 66 anggota Panwascam yang baru dilantik.

Dengan 40 anggota merupakan Panwascam existing dan 26 lainnya hasil rekrut ulang, terlihat adanya kombinasi pengalaman dan tenaga baru dalam pengawasan Pilkada mendatang.

Proporsi gender dalam Panwascam ini juga menarik untuk diperhatikan. Dengan 59 laki-laki dan 7 perempuan, terlihat masih adanya kesenjangan representasi gender dalam lembaga pengawas pemilu.

BACA JUGA:Terungkap! Daerah Pemekaran di Provinsi Sumsel Ini Luasnya Lebih dari Separuh Kota New York, Ada yang Tahu?

BACA JUGA:Warga Tanjung Lago Dirampok saat Hendak Menonton Kuda Lumping, 2 Pelaku Ditangkap, 1 Terjun ke Sungai

Meskipun demikian, diharapkan semua anggota Panwascam, baik laki-laki maupun perempuan, dapat menjalankan tugasnya dengan profesional dan berintegritas.

Zainuddin menekankan pentingnya acara pelantikan ini sebagai upaya memperkokoh komitmen dalam rangka pengawasan Pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: