Bupati OKU Timur Lanosin Beri Arahan Penting, Ratusan Penyuluh dan Kelompok Tani Siap Tingkatkan Produksi

Bupati OKU Timur Lanosin Beri Arahan Penting, Ratusan Penyuluh dan Kelompok Tani Siap Tingkatkan Produksi

Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur), Ir. H. Lanosin, M.T., memberikan pembinaan kepada ratusan penyuluh pertanian dan kelompok tani di wilayahnya, Kamis 23 Mei 2024.--

Bupati berpesan agar semua petani wajib masuk kelompok tani agar bantuan dan distribusi pupuk dapat tersalurkan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Junadi SP MM mengatakan bahwa produksi padi terus meningkat, target satu juta ton akan terwujud di tahun 2024 ini sesuai dengan cita-cita yang di inginkan bupati.

BACA JUGA:Pemenang Bujang Gadis OKI 2024 Siap Promosikan Adat Budaya dan Kerbau Pampangan

BACA JUGA:Petani Dapat Penambahan Alokasi Pupuk Bersubsidi, Segini Jumlahnya!

"Terima kasih Pak Bupati, keinginan petani sedikit demi sedikit akan terwujud, gabah kering giling, perluasan lahan panen." Katanya.

Luas panen padi pada 2022 mencapai sekitar 513,38 ribu hektare, mengalami kenaikan sebanyak 17,14 ribu hektare atau 3,45 persen dibandingkan luas panen padi di 2021 yang sebesar 496,24 ribu hektare.

Produksi padi pada 2022 yaitu sebesar 2.775,07 ribu ton GKG, mengalami kenaikan sebanyak 222,63 ribu ton atau 8,72 persen dibandingkan produksi padi di 2021 yang sebesar 2.552,44 ribu ton GKG.

Produksi beras pada 2022 untuk konsumsi pangan penduduk mencapai 1.593,60 ribu ton, mengalami kenaikan sebanyak 127,84 ribu ton atau 8,72 persen dibandingkan produksi beras di 2021 yang sebesar 1.465,75 ribu ton.

BACA JUGA:MasyaAllah, Musafir Datang Malam ke Masjid Malah Dikunci Tapi di ‘Sejuta Pemuda’ Dijamu Teh dan Kopi

BACA JUGA: Begini Cuaca Sumatera Selatan Hari Ini 24 Mei 2024

"Dengan capaian tersebut diyakini bukan tidak mungkin target satu juta ton GKP dapat tercapai tahun ini. Apalagi Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu daerah lumbung pangan terbesar di wilayah Sumatra Selatan," ujarnya.

Dia mengemukakan, saat ini pihaknya sedang menggalakkan program gerakan OKU Timur Merdeka Pangan yang digagas oleh Perhiptani setempat dalam upaya meningkatkan sektor pertanian di daerah itu.

"Sektor pertanian di OKU Timur sangat banyak sekali, mulai dari padi, jagung dan tanaman lainnya," jelasnya.

Dalam program ini pihaknya melakukan pendampingan kepada petani dalam bercocok tanam agar hasil panen yang dihasilkan sesuai dengan harapan.

BACA JUGA:Linda Dipojokkan Oknum Netizen Menikah Sama Egi Otak Pembunuhan Vina dan Eky, Putri Maya Pastikan Itu Hoaks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: